Mahmud Turuis Menguat Posisi Papan Dua Pilwako Manado

Mahmud Turuis

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pilwako Manado bakal ketat mengingat Kota Manado menjadi rebutan partai besar seperti PDI Perjuangan, Partai Golkar, Nasdem dan Gerindra. Namun sayang, hanya PDIP yang bisa mengusung calon sendiri tanpa koalisi, sementara partai lainnya harus berkoalisi karena kursi di DPRD Manado tidak cukup.

Namun hingga kini belum ada partai termasuk PDIP yang menetapkan pasangan calon. Alasannya bakal calon walikota dan wakil walikota sedang disurvey. Siapapun calon walikota yang diusung, posisi papan dua sangat menentukan untuk mendulang suara.

PDIP misalnya, berupaya memunculkan calon walikota dan walikota yang bisa meraup suara terbanyak.
Bahkan wacana mengambil papan dua dari kuslim menjadi pertimbangan. Tak heran beberapa waktu lalu sejumlah nama dipanggil untuk mendaftar.

Sebut saja Mahmud Turuis SE yang kini menjabat Direktur Pemasaran PT Bank SulutGo, sekaligus Ketua DPD Sarikat Islam Indonesia Sulawesi Utara. Juga ada nama Abid Takalamingan, Korwil SI Sulutgo dan Abubakar Idrus, mantan birokrat.

Namun dari nama yang muncul, sosok Mahmud Turuis paling berpeluang. Selain dinilai profesional, Mahmud juga merupakan representasi muslim dan etnis Sangihe.

Baca Juga:
1 of 907

Maxi Sidayang mengatakan, Mahmud Turuis mewakili etnis Sangihe dan muslim yang populasi di Manado sudah mencapai sekitar 40 persen. Sementara etnis Sangihe di Manado tidaklah sedikit dan ini menjadi keuntungan bagi Mahmud.

Gubernur Olly Dondokambey yang juga Ketua DPD PDIP Sulut sering memuji Mahmud Turuis yang merupakan sosok paripurna. Selain profesional sebagai bankir, Mahmud juga adalah Pimpinan SI di Sulut.

Warga Perkamil, Man V. Repi mengatakan, sosok Mahmud Turuis pantas dicalonkan sebagai wakil walikota karena figur rendah hati dan pandai bergaul.

“Mahmud dapat diterima di semua kalanga baik muslim maupun non muslin” kata Repi.

Helmi Bahdar, tokoh muslim.yang mantan Birokrat handal juga tidak menyangsikan figur Mahmud Turuis.

“Mahmud adalah representasi muslim dan etnis Sangihe, pas untuk posisi papan dua Manado,” kata mantan calon wakil walikota daat berpasangan dengan Jackson Kumaat.

Selain Mahmud, Helmi.juga menyebut beberapa tokoh muslim yang bermunculan seperti Ulias Taha, Taufik Pasiak dan Ayub Albugis. (Meldi)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More