Maesa Sulut – Dikta Prima Jawara Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Piala Walikota Manado

Maesa Sulut - Dikta Prima Jawara Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Piala Walikota Manado
Maesa Sulut – Dikta Prima Jawara Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Piala Walikota Manado

MANADO, (manadotoday.co.id) – Turnamen terbuka sepak bola usia dini U-10 dan U-12 Piala Walikota Manado yang digelar oleh Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI) Sulawesi Utara dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado pada 22-23 Februari 2020 di Lapangan Olahraga Bank Mandiri, Kecamatan Tuminting, akhirnya sukses digelar.

29 tim dari tujuh kabupaten dan kota se-Sulut bersaing secara sportif memperebutkan posisi puncak. Dikta Prima (Kotamobagu) keluar sebagai juara di kategori U-10 setelah mengalahkan Panther FC (Manado) dengan skor telak 5-1, dan Maesa Sulut (Manado) berhasil menjuarai kategori U-12 usai menundukkan Aruman Jaya (Kotamobagu) di partai final dengan skor tipis 1-0.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga di Dispora Kota Manado, Lucky Kalumata mengatakan, turnamen ini merupakan usaha pemerintah untuk membudayakan olahraga khususnya sepak bola kepada anak-anak sejak usia dini.

“Karena lewat turnamen seperti ini bibit muda dibina. Dari usia dini kita mengajarkan anak-anak untuk mendapat mental juara, perilaku yang baik di lapangan, membentuk diri agar ke depan saat mereka sudah menuju jenjang profesional mereka sudah siap dan dibekali dengan baik,”kata Kalumata, Minggu (23/2/2020).

Ia berharap, turnamen ini bisa menggairahkan kembali olahraga sepak bola, apalagi Kota Manado dulunya pernah memiliki klub yang berlaga di kancah nasional.

“Sehingga bisa memotivasi anak-anak untuk melatih diri lebih giat, lebih semangat, menjadi pemain-pemain yang bisa mengharumkan nama Kota Manado bahkan Indonesia di masa depan nanti,”katanya.

Maesa Sulut - Dikta Prima Jawara Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Piala Walikota Manado
Maesa Sulut – Dikta Prima Jawara Turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Piala Walikota Manado

Sementara Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI) Sulut, Marvil Budiman, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Manado dan seluruh pihak yang terlibat menyukseskan Turnamen Terbuka Sepak Bola Usia Dini Piala Walikota Manado tersebut.

“Kita berbenah ke depan, sebagai pelatih dan pemain kita belajar respect terhadap lawan, wasit bahkan penonton, terus mengasah skill kita masing-masing. Semoga sepak bola di Sulawesi Utara akan maju dan berjaya,”ucap Marvil.

Ia menambahkan, tim yang juara akan dikirim mengikuti kejuaraan nasional. Juara di kategori U-10 akan diutus ke Bali mengikuti kejuaraan Internasional Dream Come True, dan U-12 ikut kejuaraan nasional di Karawang, Provinsi Jawa Barat.

“Uang pendaftaran dan penginapan (12 orang) akan ditanggung oleh panitia tapi akomodasi ditanggung masing-masing tim,”tambah Ketua FOSSBI Sulut, Marvil Budiman.

Berikut daftar tim yang menjadi dalam turnamen sepak bola usia dini U-10 dan U-12 Piala Walikota Manado:

U-10
1. Dikta Prima (Kotamobagu)
2. Panther Bahu Manado
3. Putra Karame
4. Aura Bintang

U-12
1. Maesa Sulut
2. Aruman Jaya (Kotamobagu)
3. Maesa Manado
4. Bina Taruna Junior

Team Fairplay
–  Karame SS

Masing-masing tim juara mendapat hadiah uang pembinaan dan trophy.(ryan)