Perangkat Desa di Ratahan Timur Bakal Jalani Tes Pengoperasian Komputer

Perangkat Desa di Ratahan Timur Bakal Dites Pengoprasian KomputerRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Dalam meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan Ratahan Timur (Ratim) akan mengadakan uji kompetensi perangkat desa dalam mengoprasikan komputer.

Dikatakan Kepala Kecamatan Ratim Deky Siwi, untuk menunjang tugas kerja bidang pemerintahan pembangunan dan sosial kemasyarakatan, maka perIu diadakannya uji kompetensi bagi perangkat pemerintahan yang ada di desa.

“Untuk maksud tersebut, maka pemerintah Kecamatan Ratahan Timur akan mengadakan kegiatan tes komputer bagi perangkat desa sebagai bagian evaluasi dan penentuan kelayakan status perangkat desa,” ujar Siwi, Kamis (20/2/2010)

Lanjut dikatakan Siwi, perangkat desa merupakan elemen terpenting dalam roda pemerintahan desa. Untuk itu, komputer menjadi sarana penting bagi perangkat desa untuk melakukan pekerjaannya sebagai bagian dari pemerintah desa.

“Pekerjaan akan lebih efektif dan efisien dibanding mengerjakan dengan cara manual seperti mencatat dalam buku-buku tebal,” jelas Siwi

Ia pun berharap lewat evaluasi ini, akan membawa percepatan kinerja bagi pemerintah desa, dan tidak ada lagi keterlambatan pelaporan penggunaan dana desa berbasis komputer.

“Uji kompetensi bagi perangkat desa ini, akan mulai dilaksanakan pekan depan secara bertahap oleh desa-desa yang ada di kecamatan Ratahan Timur. Untuk itu, saya minta kepada seluruh perangkat desa agar dapat mempersiapkan diri,” pungkas Siwi. (ten)