Senator SBANL Usulkan Program Strategis di Raker Komite II DPD-RI dan Menteri LHK-RI

Senator SBANL saat membawakan usulan secara lisan
Senator SBANL saat membawakan usulan secara lisan

JAKARTA, (manadotoday.co.id)–Sebagai pertanggungjawaban moral dan politik, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Daerah Pemilihan Provinsi Sulawesi Utara Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) terus menjembatani aspirasi dan kepentingan daerah di pusat.

Dalam Rapat Kerja (Raker) Komite II DPD-RI dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc di Kantor DPD-RI, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (17/2/2020) Senator SBANL mengkaji berbagai permasalahan dan regulasi di bidang kehutanan dan lingkungan hidup, termasuk pengelolaan sampah.

Tidak terkecuali, SBANL menyampaikan berbagai usulan program strategis yang ia peroleh di daerah dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah dan Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara maupun dari sejumlah kabupaten dan kota bahkan kelompok masyarakat untuk mendapat perhatian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

‘’Perlu perhatian pemerintah pusat berupa pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir yang representatif, pembangunan pengelolaan limbah medis berupa insenerator di Rumah Sakit dan Puskesmas, pengadaan  kendaraan pengangkut sampah berupa truk sampah tertutup, mobil sampah dan motor sampah,’’ kata SBANL dalam Raker tersebut.

Secara khusus untuk motor sampah yang sudah diberikan sebelumnya, SBANL meminta agar segera diikuti dengan surat-surat untuk operasionalnya.

Senator SBANL menyampaikan langsung usulan secara tertuilis kepada Menteri LHK RI
Senator SBANL menyampaikan langsung usulan secara tertuilis kepada Menteri LHK RI

Lebih lanjut, SBANL meneruskan usulan di bidang kehutanan, seperti pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan hutan, pembangunan sarana prasarana wisata.

Tidak puas yang disampaikannya  secara lisan, maka usulan tertulis diserahkan langsung SBANL kepada Menteri Siti Nurbaya Bakar di sela-sela Raker tersebut.

Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar merespon berbagai usulan seraya memberikan penekanan dukungan pemerintah pusat dalam peningkatan kapasitas serta langkah-langkah yang harus dilakukan pemerintah.

Siti Nurbaya Bakar yang juga pernah menjabat Sekretaris Jenderal DPD-RI ini mengajak Anggota DPD-RI dalam kemitraan sesuai tugas dan kewenangan karena memahami benar permasalahan dan kebutuhan di daerah serta mengawasi arah dan program kebijakan pemerintah pusat di daerah.

Dalam Raker, selain Menteri dihadiri pula Sesjen, para Dirjen dan Deputi.

Raker  Komite II DPD-RI dipimpin Ketua Yorrys Raweyai bersama tiga Wakil Ketua Dr Ir Abdullah Puteh, Bustamin SPd MH, Hasan Basri SE MH serta Wakil Ketua III DPD-RI Sultan Najamuddin, SSos MSi. (ark)