Sempurnakan RKPD 2021, Pemkot Tomohon Gelar Konsultasi Publik

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA membuka kegiatan
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Guna menyempurnakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RPPD) Kota Tomohon tahun 2021, bertempat di Aula Hotel Villa Emitta Kelurahan talete Dua Tomohon Tengah, Jumat (14/2/2020) dilaksanakan Konsultasi Publik.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA. Dalam sambutannya, Eman mengatakan, kegiatan ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis dengan adanya masukan dan saran dari stakeholder.

‘’RKPD dilakukan secara sistematis, terarah terpadu dan tanggap terhadap perubahan. Ini berdasarkan Pasal 14 Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah  RKPD yang dilakukan berbasis E-Planning,’’ jelas wali kota.

Pejabat pemkot Tomohon bersama para stakeholder
Pejabat pemkot Tomohon bersama para stakeholder

Konsultasi publik itu sendiri merupakan amanah UU Nomor 25 tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon Drs Daniel E Pontonuwu dalam laporannya mengatakan, visi-misi penyusunan RKPD masih dama dnegan visi-misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon periode 2016-2021.

Sedangkan rancangan tema adalah Peningkatan Layanan dan Pengembangan SDM, Infrastruktur serta Pariwisata untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berwawasan Lingkungan. Kemudian, Peningkatan Layanan SDM dan Infrastruktur serta Pariwista yang Berwawasan Lingkungan untuk Pertumbuhan yang Berkualitas.

Narasumber pada kegiatan tersebut, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut Edwin Aldrin SP MT, dihadiri dari unsur tokoh masyarakat, akademisi, pemerhati budaya, tokoh pemuda, organisasi profesi serta insan pers.

Turut hadir, Wakil wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTH, jajaran Pejabat Pemkot Tomohon. (ark)