Tol Manado – Bitung Segera Difungsikan

tol manado bitung
Jalan Tol Manado – Bitung

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kabar gembira bagi masyarakat Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, jalan tol Manado-Bitung segera difungsikan dalam waktu dekat ini.

“Direncanakan (tol manado –  bitung, dibuka dalam waktu dekat,” ujar Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, setelah melaksanakan rapat koordinasi yang diikuti jajaran BPJN XV Manado, PT. Jasamarga Manado Bitung, dan unsur terkait lainnya.

Dijelaskan Silangen, diperkirakan lintasan tol yang akan digunakan sepanjang 20 kilometer dari panjang bentangan seluruhnya 39,9 kilometer.

Sebagai informasi, pengguna kendaraan dari arah Manado menuju Bitung masuk melalui gerbang tol Manado yang ada di jalur Manado Outer Ring Road dan keluar melalui gerbang tol Kauditan, begitu sebaliknya.

Pengendara dapat juga keluar melalui gerbang tol Airmadidi apabila ingin mengakses wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan sekitarnya.

Sekdaprov Silangen optimistis ketika tol ini dioperasikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, mengurai kemacetan Manado – Bitung, memperlancar arus transportasi logistik serta pengembangan ekonomi wilayah.

Sebelumnya, tol ini sudah beberapa kali difungsionalkan menjelang dan sesudah perayaan ldul Fitri serta Natal dan tahun baru. Rata-rata kendaraan yang melintas di tol terpanjang di Sulawesi itu pada hari raya keagamaan di atas empat ribuan.

Sebelum diresmikan, tim laik fungsi dari kementerian akan turun Iangsung melihat kondisi kelayakan jalan tol Manado-Bitung sekaligus untuk memastikan tol beroperasi sesuai standar pelayanan minimum.

Adapun jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang 39,9 kilometer. Jalan bebas hambatan ini dibangun dalam dua seksi, yaitu seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Sedangkan, seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung. (ton)