Empat Tahun Kepemimpinan OD – SK, Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat dan Kembangkan Toleransi Beragama

foto 1
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (OD – SK)

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (OD – SK), genap empat tahun memimpin Provinsi Sulawesi Utara.

Sejak memimpin Daerah Bumi Nyiur Melambai 12 Februari 2016 lalu, OD – SK menetapkan visi dan misi pembangunan Sulut hingga tahun 2021.

Visi: “Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari dlm Ekonomi, Berdaulat dlm Pemerintahan dan Politik, serta Berkepribadian dalam Budaya.”.

Misi :

  1. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian dan sumberdaya kemaritiman sbg penjabaran provinsi kepulauan, serta mendorong sektor industri dan jasa.
  2. Memantapkan pembangunan sumber daya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing.
  3. Mewujudkan Sulut sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing.
  4. Mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi maju dan mandiri.
  5. Memantapkan pembangunan infrastruktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan.
  6. Mewujudkan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur.
  7. Mewujudkan Sulut yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Untuk Biro Kesejahteraan Rakyat, tentunya ada sejumlah program dan kegiatan yang diluncurkan selaras dengan Visi dan Misi ODSK.

foto 2
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (OD – SK)

Tahun 2016; Biro Kesejahteraan Rakyat mempunyai 10 Program dan 46 Kegiatan dimana yang menjadi Program Unggulan adalah Program Sinkronisasi dan Koordinasi Perencanaan, Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Fasilitasi Sosial, Keagamaan dan Urusan Haji dengan Kegiatan Peningkatan Toleransi Antar Umat Beragama, yang memfasilitasi pelaksanaan penguatan toleransi antar umat beragama melalui pelaksanaan kegiatan Ibadah pada Perayaan Hari Raya Keagamaan.

Tahun 2017; Biro Kesejahteraan Rakyat mempunyai 8 Program dan 49 Kegiatan dimana yang menjadi Program Unggulan adalah Program Peningkatan Toleransi Antar Umat Beragama, Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kegiatan Hari-Hari Besar Keagamaan. Adapun Pelaksanaan Kegiatan Hari-Hari Besar Keagamaan adalah memfasilitasi Perayaan Hari Besar Keagamaan Umat Kristiani, Islam, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Salah satunya adalah Perayaan Paskah Nasional XIII yang diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Utara dengan rangkaian acara Ibadah Agung Paskah Nasional dilaksanakan di Stadion Maesa Tondano, Temu Konsultasi Pemimpin Kristen (Chrstian Leaders Summit) dan Pekan Kerukunan Nasional.

Tahun 2018; Program Unggulan Biro Kesejahteraan Rakyat Tahun 2018 adalah Program Peningkatan Toleransi Antar Umat Beragama, Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kegiatan Hari-Hari Besar Keagamaan, yang akan memfasilitasi Perayaan Hari Besar Keagamaan Umat Kristiani, Islam, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Bahwa pada Bulan April 2018 telah diselenggarakan kegiatan bertaraf Internasional yaitu perayaan Asian Ecumenical Youth Assembly dan Asia Easter Celebration di Provinsi Sulawesi Utara,9 dan bulan Agustus dilaksanakan pemberian bantuan Hewan Kurban Sapi kepada Masjid yang ada di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka Hari Raya Idul Adha. Pada Bulan November juga dilaksanakan Kegiatan Dialog Lintas Agama “Indonesian Interfaith Dialogue” yang bertempat di KBRI Den Haag Belanda serta Pelaksanaan Perayaan Natal Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada Bulan Desember 2018.

Tahun 2019; Pada Tahun 2019 yang menjadi Program Unggulan dari Biro Kesejahteraan Rakyat adalah Program Peningkatan Toleransi Antar Umat Beragama, Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kegiatan Hari-Hari Besar Keagamaan, yang memfasilitasi Perayaan Hari Besar Keagamaan Umat Kristiani, Islam, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Dan pada bulan Agustus telah dilaksanakan penyerahan bantuan Hewan Kurban Sapi kepada Masjid yang ada di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka Hari Raya Idul Adha.

Berbagai program dan kegiatan yang terus digenjot Biro Kesra yang dipimpin dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS hingga saat ini, terus memperlancar roda pemerintahan ODSK selama 4 tahun terakhir demi kesejahteraan masyarakat dan terawatnya Toleransi di antara umat beragama, karena ‘Torang Samua Ciptaan Tuhan’. (advetorial)

Add Comment