Gubernur Olly Panen Jagung Bersama Petani di Minut

panen jagung
Gubernur Sulut Olly Dondokambey ketika mengikuti panen jaung bersama kelompok petani dan pemerintah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey panen jaung bersama kelompok petani dan pemerintah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (11/2/2020).

Olly dalam sambutannya, mengatakan gerakan panen Jagung ini merupakan program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) di sektor pertanian dan peternakan, dalam upaya mensejahterahkan masyarakat.

Menurut Olly, program pemerintah pusat melalui Kementan RI ini sudah terbukti dan bisa dirasakan masyarakat lebih khusus petani pertanian.

“Karena pada tahun 2019, pemerintah pusat telah memberikan bantuan untuk program jagung itu ada sekitar 30 ribu hektar. Keberhasilan ini kita mendapatkan kanaikan bantuan lagi pada tahun 2020 ini sekitar 50 ribu hektar untuk perluasan tanaman  jagung di bumi nyiur melambai sulut,” ujarnya.

Seperti diketahui, semenjak memimpin Sulut, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) memasang target agar bisa memproduksi 1 juta ton jagung.

“Puji Tuhan atas dorongan pak gubernur torang capai produksi empat tahun capai sebagaimana ditargetkan. Tembus 1,2 juta ton untuk memenhui kebutuhan lokal dan antarprovinsi,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling saat bawakan sambutannya.

Menurutnya, program penanaman jagung di lahan ini merupakan kerja sama dinas pertanian dan peternakan dengan balai pengkajian teknologi pertanian.

“Untuk lahan di sini yang ditanam adalah Jagung varitas lokal yang dihasilkan anak bangsa,” ungkap Wowiling.

Pada kegiatan itu, Olly memberikan bantuan kepada kelompok tani di kabupaten Minahasa Utara berupa mesin alat pertanian seperti backpack brushcutter, knapsack sprayer, alat tanam jagung, corn sheller, bantuan benih jagung dan bantuan sapi serta menyerahkan bantuan KUR dari pihak perbankan. (ton)