Pemkot Tomohon Gelar Bimbingan dan Konsultasi Review LKPD

Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh membuka kegiatan
Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Bertempat di Grand Master Hotel, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Inspektorat bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Review Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

Kegiatan yang dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh akan belrnagsung seklama tiga hari yakni 5-7 Februari 2020.

Menurut Lolowang, review atas LKPD dilakukan untuk memberikan keyakinan atas kualitas LKPD dalam rangka penyusunan pertanggungjawaban laporan keuangan pemerintah daerah yang disusun sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

‘’Jika setelah dilakukan review terdapat kekurangan, kesalahan dan penyimpangan dari SAP dan peraturan lainnya, maka aparat pengawasan intern pemerintah memberitahukan hal tersebut kepada entinitas yang direview untuk dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya,’’ kata Lolowang.

Inspektur Kota Tomohon Jeane Bolang SH MH, melalui Sekretaris Inspektorat Herry Rindengan SH selaku ketua tim kerja mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah daerah dan kualitas LKPD.

Kepala BPKP Provinsi Sulut Sofyan Antonius Ak MM CA QIA berharap, agar para peserta benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat mengawal review LKPD dan standar akuntasi pemerintah. (ark)