Pemkot Tomohon Gelar Workshop Simda Integrated Perencanaan Tahunan

Peserta Workshop Simda Integrated  Perencanaan Tahunan
Peserta Workshop Simda Integrated Perencanaan Tahunan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbang) Rabu (5/2/2020) menggelar Workshop Simda Integrated Perencanaan Tahunan di Hotel Villa Tomohon Utara.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA diwakili wakil wali kota yang dalam sambutannya mengatakan, E-planning atau sistem informasi perencanaan memfasilitasi Bapelitbang dan perangkat daerah dalam penyusunan program kerja, sehingga perencanaan pembangunan dapat berjalan efektif, efisien dan terintegrasi.

‘’Melalui penggunaan sistem e-planning Simda integrated dalam pembangunan ini, nantinya akan menjadikan target pembangunan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat, karena didasarkan pada data informasi yang terintegritas di dalam sistem, bahkan penerapan aplikasi e-planning dalam perencanaan pembangunan daerah dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat maupun semua pemangku kepentingan terhadap akses informasi,’’ kata wali kota.

E-planning lanjut wali kota, bisa mengintegrasikan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran/Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS) serta RKPD Perubahan Kota Tomohon agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan  amanat Permendagri Nomor  86 tahun 2017.

Narasumber,  Koordinator Pengawasan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Mardiyanto Arif Rakhmadi, Fasilitator BPKP Provinsi Sulut Yoanes Tukijan dan Harkita Sinaga.

Dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tomohon Ir Enos Pontororing MSi, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu. Peserra berasal dari Perangkat Daerah yakni para Kasubag Perencanaan dan Operator. (ark)