Hari Kanker se-Dunia: Periksa Gratis, Ketua TP-PKK Ajak Wanita Manado Lakukan Tes IVA

Hari Kanker se-Dunia: Periksa Gratis, Ketua TP-PPK Ajak Wanita Manado Lakukan Tes IVA
Hari Kanker se-Dunia: Periksa Gratis, Ketua TP-PPK Ajak Wanita Manado Lakukan Tes IVA

MANADO, (manadotoday.co.id) – Hari Kanker se-Dunia yang jatuh pada Selasa, 4 Februari 2020 hari ini, menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan, melakukan pemeriksaan dini, dan untuk memberi dukungan kepada para penderita kanker.

Memanfaatkan momen tersebut, Pemerintah Kota Manado lewat TP-PKK menghimbau kaum perempuan agar melakukan tes IVA (salah satu metode untuk mendeteksi kanker serviks).

Bahkan TP-PKK Kota Manado terus berinovasi dengan membuat Panada Tante IVA (Portal Analisis Data Berbasis Peta Tentang Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dan Susiantariksa (Suami Siaga Antar Istri Periksa IVA).

Ketua TP-PKK Kota Manado, Prof. Dr. Julyeta PA Lumentut- Runtuwene menjelaskan, pemeriksaan IVA bagi wanita usia produktif penting dilakukan.

“Dengan adanya Panada Tante Iva maka akan makin jelas terdata wanita usia produktif yang sudah test IVA atau belum. Tes IVA penting dilakukan sebagai pemeriksaan dini sekaligus untuk mendeteksi secara dini kemungkinan adanya potensi gangguan kesehatan. Jika dideteksi ada, maka layanan kesehatan akan makin cepat didapat sehingga kemungkinan untuk sembuh lebih besar,” kata dia.

Selain menumbuhkan kesadaran dari wanita, penting juga dukungan orang terdekat terutama suami atau keluarga sehingga Susiantariksa dicanangkan.

“Diharapkan, para suami juga turut mendukung para istri yang masih usia produktif untuk periksa, ditambah dengan mengantarkan langsung istri periksa. Dampaknya tentu akan berbeda kalau ada dukungan dari keluarga,” katanya.

Tes IVA dapat dilakukan di Puskesmas yang ada di Kota Manado, dan untuk pemeriksaan tidak dipungut biaya atau gratis sehingga diharapkan tidak ada lagi alasan tidak mau memeriksakan diri karena kendala biaya.

“Mari bersama kita peduli, mencegah bahaya kanker serviks kepada kaum perempuan di Kota Manado,” ungkap Rektor Unima ini.

Diketahui TP PKK Kota Manado pada tahun 2019 lalu, meraih penghargaan sebagai Pakarti Utama III Tingkat Nasional pelaksanaan terbaik Inpeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, kategori Kota, pada rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HGK) PKK KE 47.(ryan)