OD – SK Upacara Adat Tulude di Sangihe

tulude sangihe
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, didampingi Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua dr. Devi Kandouw-Tanos, serta Bupati Sangihe Jabes Gaghana dan Wabup Helmut Hontong, pada Upacara Adat Tulude Kabupaten Kepulauan Sangihe.

TAHUNA, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw atau OD – SK, menghadiri pelaksanaan Upacara Adat Tulude Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang dilangsungkan di Pendopo rudis Bupati di Tahuna, Jumat (31/1/2020) malam.

Nampak hadir juga pada kegiatan itu, Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua dr. Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Bupati Sangihe Jabes Gaghana, dan Wabup Helmut Hontong.

OD – SK bersama Ibu Rita dan dr. Devi serta tamu undangan yang hadir, nampak menggunakan pakaian adat khas Nusa Utara ketika mengikuti upacara adat Tulude.

“Adat istiadat dan budaya adalah bagian dari jati diri suatu bangsa,” ujar Gubernur Olly.

Pada kesempatan itu, OD – SK membaur bersama warga Sangihe saat mencicipi makanan yang disajikan. Keduanya tak canggung makan bersama warga Sangihe.

Diketahui, pesta adat Tulude ini merupakan rangkaian HUT ke-595 Kabupaten Kepualauan Sangihe.

Gubernur Olly dalam sambutannya, mengajak pemerintah dan masyarakat Sangihe untuk terus mendukung program Pemprov Sulut kedepan.

Menurut Olly pula banyak putra – putri Sangihe yang sudah sukses. Hal itu diharapkan pemerintah Sangihe untuk mengajak mereka datang berinvestasi di Sangihe.

“Soal hambatan harus dihadapi dengan kerja bersama. Contohnya, sekitar akhir tahun lalu, maskapai penerbangan menghentikan penerbangan ke Nusa Utara. Tapi karena kerja bersama, penerbangan bisa ada lagi. Jadi, jika bisa mensinergikan pembangunan  kepulauan akan lebih maju, banyak potensi belum digarap mislnya pariwisata,” terangnya.

Paripurna HUT ke 595 Sangihe

Sebelum puncak acara pesta adat Tulude, Gubernur dan Wagub Sulut OD – SK menghadiri rapat Paripurna HUT ke 695 Kabupaten Kepulauan Sangihe yang digelar di kantor DPRD Sangihe di Tahuna.

Di hadapan Bupati Jabes Gaghana, Wakil Bupati Helmud Hontong, pimpinan dan anggota DPRD Sangihe, pejabat Pemkab Sangihe, serta warga Nusa Utara yang hadir pada Rapat Paripurna ini, Olly mengucapkan selamat HUT ke 595 Kabupaten Sangihe, dengan harapan semakin maju dan diberkati Sang Pencipta.

“Pemerintah Provinsi Sulut akan selalu mendukung program untuk memajukan daerah disegala bidang, demi mensejahterakan rakyat di Kabupaten Sangihe,” ujar Olly.

Menariknya, dalam sambutannya itu, Olly juga meminta restu dari warga Sangihe untuk maju bertarung di Pilgub 2020 bersama Cawagub Steven Kandouw (SK).

“Kami meminta restu warga Sangihe untuk maju di pemilihan gubernur 2020 ini,” ujar Olly yang langsung mendapat sambutan hangat warga yang hadir.

Pada paripurna HUT ke 595 Sangihe tersebut, Olly menyerahkan bantuan 8 ton beras untuk masyarakat Sangihe yang diterima Bupati Sangihe Jabes Gaghana, didampingi Wabup Helmut Hontong. (ton)

Add Comment