Pembangunan Infrastruktur Jadi Prioritas Program DD Tahun 2019 Desa Kumelembuai Satu

Hukum Tua Desa Kumelembuai Satu Vendry Mamangkey di lokasi pembangunan jalan setapak
Hukum Tua Desa Kumelembuai Satu Vendry Mamangkey di lokasi pembangunan jalan setapak

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pembangunan Infrastruktur masih menjadi skala prioritas penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019 Desa Kumelembuai Satu Kecamatan Kumelembuai.

Selain Infrastruktur bidang lainnya yang juga menjadi prioritas anggaran bersumber dari bantuan pemerintah pusat yakni pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan pembinaan kemasyarakatan.

Hukum Tua Desa Kumelembuai Satu Vendry Mamangkey, menguraikan bahwa untuk Tahun 2019 jumlah Pagu DD dan Alokasi Dana Desa sebesar Rp 1.048.387.000 dengan rincian DD Rp. 755.847, ADD Rp. 291.990.000 ditambah Bubgan Bank senilai Rp.550.000.

Info Grafis DD dan ADD Tahun 2019 Desa Kumelembuai Satu
Info Grafis DD dan ADD Tahun 2019 Desa Kumelembuai Satu

“Total Belanja sebesar Rp.1.079.315.756.000­ terdiri dari Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Rp.283.218.906 (ADD), Pembangunan Desa Rp.448.930.650 (DD), Pembinaan Kemasyarakatan Rp. 167.841.200 (DD) dan Pemberdayaan Masyarakat Rp.179.325.000,” ujar Mamangkey.

Dibidang pembangunan Infrastruktur yang dibangun menggunakan Anggaran DD di Tahun 2019 yakni penyelenggaraan perpustakaan desa, penyelenggaraan Posyandu, pembangunan jalan setapak, drainase, talud, permandian wisata air bersih Masalosot. Bidang Pemberdayaan meliputi Pelatihan Kelompok Tani, Perangkat Desa, Kader PKK dan Kader Kesehatan Bimtek peningkatan kapasitas dan SDM bagi Hukum Tua, Sekdes dan BPD, serta Pelatihan Paralegal. Sementara dibidang pembinaan kemasyarakatan yakni pembangunan Talud dan Tribun lapangan Ulfers dan pelatihan Karang Taruna.

“Untuk skala prioritas bidang pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat adalah tindaklanjut dari hasil musyawarah pembangunan desa yang kemudian dituangkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2019 dengan lokasi pembangunan disebar di empat Jaga,” katanya.

Pembangunan Tribun Lapangan Ulfers
Pembangunan Tribun Lapangan Ulfers

Dalam hal pengelolaan Dandes Mamangkey menegaskan pemerintah Desa berkomitmen untuk selalu mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dengan selalu menyampaikan progres pengerjaan kepada masyarakat.

“Jika ada masyarakat yang ingin mengetahui soal penggunaan dandes silahkan datang berkonsultasi dengan pemerintah desa. Kami selalu terbuka,” imbuhnya.

Sehubungan dengan bantuan pemerintah berupa DD dan ADD, Mamangkey berharap program ini akan terus berkelanjutan karena dapat menjawab kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.

“Karena itu apresiasi dan terimakasih kepada Presiden Jokowidodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta terima kasih untuk Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar yang terus memperhatikan kepentingan masyarakat, ” tukasnya. (lou)

Add Comment