Dana Desa Tahap Pertama di Minahasa Kemungkinan Cair Bulan Februari

KPU

jeffry tangkulungTONDANO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Minahasa Jefrry Tanggulung SH, mengatakan kemungkinan besar Dana Desa (DD) untuk tahun 2020 tahap pertama akan dicairkan pada bulan Februari.

“Dalam waktu dekat ini Evaluasi APBDes tahun 2020 semua desa akan digelar. Begitu evaluasi selesai di lakukan, akan di ikuti dengan pencairan untuk tahap pertama yang diperkirakan pada bulan Februari nanti , ” ujar Tangkulung diruang kerjanya.

Untuk tahun 2020 ini, Kabupaten Minahasa mendapatkan Dana Desa (DD) yakni Rp 173 M dari pemerintah pusat sementara untuk Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 69 M yang akan dibagikan di 227 Desa.

Tangkulung berharap agar APBDes masing-masing desa segera disiapkan dengan baik agar saat memasuki tahap evaluasi tidak menemui persoalan yang berarti. Selain itu Dia juga meminta agar penggunaan dan pemanfaatan kedua dana ini sesuai dengan apa yang telah tertata dalam APBDes, agar kedepan mudah dipertanggung-jawabkan.

“Dana Desa dan Alokasi Dana Desa wajib di pertanggung-jawabkan berdasarkan alokasi dana dan kegiatan dalam APBDes, agar terhindar dari penyalahgunaan yang berbuntut pada persoalan hukum , ” tegasnya. (rom)

bawaslu tomohon

Add Comment