Wilken, Jemaat ke-1000 GMIM

KPU
Tampak depan gedung Gereja Wilken Paslaten
Tampak depan gedung Gereja Wilken Paslaten

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Memiliki jasa besar dalam Pendidikan Kristen di Tomohon, Jemaat ke-1000 Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) yang berada di Tomohon diberi nama Jemaat Wilken.

Nama itu diambil dari Pandita Nicolaas Philip Wilken, penginjil kelahiran 10 Mei 1813 di Aurich Friesland Timur Jerman melayani di Tomohon selama 35 tahun.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA mengungkapkan, Pandita Wilken memegang peranan penting dalam menjadikan Tomohon sebagai Kota Religius.

Tampak sambing gedung Gereja GMIM Wilken Paslaten
Tampak sambing gedung Gereja GMIM Wilken Paslaten

‘’Ya, penamaan Wilken di Gereja pemekaran GMIM Maranatha Paslaten Wilayah Tomohon Satu ini untuk mengenang sejarah Pekabaran Injil sekaligus untuk meningkatkan pendidikan, kepariwisataan dan budaya di Kota Tomohon,’’ jelas Eman.

Gereja Wilken yang berlokasi di sekitar Pasar Tomohon kea rah Timur, atau sebelum Sekolah Lentera Harapan rencananya ditahbiskan pada Minggu (2/2/2020).

Bukan Cuma gereja, di kompleks pasar dan terminal Tomohon juga dibangun Monumen Wilken yang nantinya juga diresmikan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-17 Kota Tomohon. (ark)

bawaslu tomohon

Add Comment