Rayakan Hari Jadi ke-17, Tomohon Bersyukur

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Hari ini, Senin (27/1/2020) Kota Tomohon genap 17 tahun, atau tanggal diundangkannya Kota Tomohon bersama 24 daerah lainnya di Indonesia yang resmi menjadi daerah otonom baru. Kota Tomohon bersama Kabupaten Minahasa Selatan ditetapkan Uundang-Undang Nomor 10 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon di provinsi Sulawesi Utara.

Saat dibentuk, Kota Tomohon baru terdiri dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Tomohon Utara, Tomohon Tengah dan Tomohon Selatan.

Wali Kota pertama adalah Drs Boy Simon Tangkawarouw MSc yang berstatus Penjabat Wali Kota, dilantik pada 4 Agustus tahun 2003.

Sementara Wali Kota Definitif pertama adalah Jefferson SM Rumajar SE dengan wakilnya Syenny Sherly Watoelangkow, kemudian periode berikutnya Jefferson SM Rumajar-Jimmy F Eman SE Ak dan saat ini Jimmy F Eman SE Ak-Syerly Adelyn Sompotan. Di tiap pergantian kepemimpinan ada beberapa kali ada penjabat maupun pelaksana tugas, seperti Jeffry Korengkeng SH, Drs Nico Pelealu SH, Fentje D Goni SH serta Drs Gerson Mamuaja dan Drs Sanny Parengkuan.

Peringatan tahun 2020 ini dibuat lain dari seperti yang sebelumnya. Upacara peringatan dilaksanakan di tiap kecamatan. Saat ini sudah 5 kecamatan yakni Kecamatan Tomohon Utara, kecamatan Tomohon Tengah, Kecamatan Tomohon Barat, Kecamatan Tomohon Selatan Dan Kecamatan Tomohon Timur.

‘’Ya, baru sekarang masyarakat di kecamatan merasakan menjadi lokasi upacara setelah sebelumnya selalu dilaksanakan terpusat dengan Irup wali kota. Ke depan kota memang merencanakan perayaan ini turut dirasakan semua oleh masyarakat sehingga masyarakat merasa terlibat dalam perayaan,’’ ungkap Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA seraya menambahkan hari ini Tomohon patut bersyukur karena terus diberi kesempatan untuk terus berkembang.

Dalam rangka perayaan Hari Jadi ke-17 Kota Tomohon, telah dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti kerja bakti, jalan sehat, lomba olahraga, ziarah ke makan-makan mantan bupati dan penjabat wali kota. Pada 29 Januari nanti, akan dilaksanakan Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon dalam rangka Hari Jadi ke-17 Kota Tomohon. (ark)

Add Comment