Jadi Saksi Baptisan di Remboken, ROR Paparkan Sejumlah Program Pemerintah

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi, IPU (ROR), beribadah di GMIM Zaitun Talikuran Kecamatan Remboken sekaligus menjadi saksi baptisan dari anak Alexandria Deandra Sampul dalam Keluarga Sampul Tapada, Minggu, 26 Januari 2020.

Ibadah dipimpin Pdt. Julius Haris Tumiwan, STh selaku Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Remboken.

Bupati Minahasa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Jemaat se-wilayah Remboken yang boleh mendukung Program Sidang Majelis Sinode Tahunan  GMIM tentang GMIM Peduli Danau Tondano.

“Yang berada digaris depan pelestarian Danau Tondano adalah 7 kecamatan yang mengelilingi danau termasuk kecamatan Remboken. Danau Tondano adalah berkat Tuhan bagi masyarakat Sulawesi Utara khususnya Minahasa yang sudah di nikmati manfaatnya, untuk itu mari bersama-sama peduli Danau Tondano , ” ujar Bupati.

Lanjut Bupati beberapa program Pemerintah yang sementara dijalankan diantaranya pemberian santunan dana duka beserta akte kematian,
BPJS Kesehatan gratis meskipun terdapat kendala karena kenaikan iuran tapi pemerintah terus berupaya dan berusaha menyelesaikan masalah yang ada agar program ini dapat terus melayani kebutuhan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.
Tahun ini Pemerintah berupaya meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang mencover THL, perangkat desa, BPD, kusir bendi, tukang ojek dan lain-lain.
Pemerintah juga telah menandatangani MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam program ASN Care yakni ASN menanggung satu orang rekannya untuk turut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Kami mengapresiasi salah satu desa di Minahasa yaitu Desa Pulutan sebagai Desa peduli tenaga kerja.
Program lainnya yang sementara dan akan dijalankan yaitu pemberian insentif bagi pimpinan agama, pemberian bantuan sarana peribadatan, bantuan perlengkapan sekolah kepada siswa baru kelas 1 SD dan Kelas 1 SMP.

Bupati mengajak untuk melestarikan budaya Minahasa, termasuk didalamnya bahasa daerah, tarian daerah maengket, musik bambu dan kolintang. Pemerintah memprogramkan pengadaan motor sampah disetiap desa, akan diberikan tas ramah lingkungan kepada setiap keluarga, program bebas sampah plastik dan larangan penggunaan air mineral dalam kemasan plastik.

“‘Topanglah pemerintah kabupaten Minahasa, tingkatkan sinergitas antara Pemerintah dan Gereja dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa untuk mewujudkan Minahasa yang Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, berdaulat, adil dan sejahtera , ” tutur Bupati.

Turut hadir, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Rio Palilingan, SH, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Zaitun Talikuran Pdt. Paula Lontoh, STh, Pendeta Pelayanan Pdt. Amilia Rumayar, MTh, Guru Agama Evani Matano, dan seluruh Jemaat. (rom)