Tomohon-Minamiboso Seminarkan Kerja Sama Pembangunan Stasiun Jalan

 

Seminar Strategi Pemasaran Stasiun Jalan (Michinoeki)
Seminar Strategi Pemasaran Stasiun Jalan (Michinoeki)

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon dan Kota Minamoboso Jepang terus mematangkan kerja sama pembangunan Michinoeki atau Stasiun Jalan.

Kerja sama yang difasilitasi Japan International Corporate Agency (JICA) ini rencananya rampung pada tahun 2020 ini.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon saat membuka Seminar Strategi Pemasaran Michinoeki (Stasiun Jalan) yabg dilaksanakan di Villa Emitta Hotel Kakaskasen Tomohon Utara Kamis (16/1/2020).

Pemerintah Kota Minamiboso sendiri sudah beberapa kali datang ke Tomohon untuk kerja sama tersebut. Begitu juga dengan Pemerintah Kota Tomohon yang sudah pernah mengunjungi Kota Minamiboso.

”Ya, sasarab kerja sama ini adalah masyarakat yang berprofesi sebagai petani, pengusaha kecil serta penggiat pariwisata. Nantinya disiapkan sarana dan prasarana di Stasiun Jalan yang akan dibangun,” ujar wali kota seraya menambahkan lokasi Stasiun Jalan yang akan dibangun berada di Kelurahan Talete Dua Kecamatan Tomohon Tengah tepatnya di bekas Pasar Bunga.

Kerja sama itu sendiri tambah wali kota, sekitar 20 persen infrastruktur dan 80 persen pengelolaan.

Sementara dari pihak Minamiboso yakni Mr Fumio Kato yang mengaku sudah 8 kali mengunjungi Kota Tomohon mengatakan, kondisi Kota Tomohon yang memiliki alam sejuk dan indah serta potensi pariwisata yang besar sangat cocok dengan program yang akan dilaksanakan.

”Kita akan upayakan untuk menarik tamu sehingga bisa memberikan dampak positif. Bukan soal bangunan megah yang akan dibangun tapi yang penting bagaimana cara pengelolaan sehingga memberikan hasil positif,” jelas Mr Fumio Kato.

Stasiun Jalan katanya memiliki empat fungsi, yakni peristirahatan (rest), koorporasi daerah, pancaran info serta mitigasi.

Ditambahkannya, selain di Jepang, sudah ada beberapa negara yang dibangun Stasiun Jalan. Di Jepang, total Stasiun Jalan berjumlah 1.160, Thailand 20, Vietnam 19 dan di Indonesia, Kota Tomohon adalah yang kedua setelah pertama di Sulawesi Selatan.

Pihak Minamiboso menekankan untuk Stasiun Jalan mengutamakan kelestaroan lingkungan, di mana yang dipasarkan seperti sayuran, buah-buahan dan florikultura semua ramah lingkungan.

Kegiatan dihadiri jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Ketua DPRD Tomohon Djemmy J Sundah SE, pihak Minamiboso  terdiri dari Mr Fumio Kato (Biwa Club/JICA), Ms Michiko Takahashi (Coordinator Consultant), Mr Tsujigaki (Architec Consultant), Ms Hamada (Consultant), Mr Shoda (Interior Consultant).
Dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Selatan Dr Rudy Djamaluddin bersama tim. (ark)

Add Comment