Dipimpin James Sumendap, DPC PDI-P Mitra Hadiri Rakernas 1 dan HUT Ke-47 PDI-P

received_1385858848253717JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang dirangkaikan dengan HUT Ke-47 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2019).

Adapun tema yang diangkat dalam rakernas kali ini adalah Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional, dan sub temanya Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari.

Hadir dalam rakernas ini Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Jusuf Kalla, dan Boediono, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, selaku Bendahara Umum PDIP.

Sementara James Sumendap hadir didampingi Wakil Bupati Jesaja Legi, para Anggota DPRD Mitra dari Fraksi PDIP, serta pejabat struktural PDIP Mitra.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya tengah mendorong agenda riset, inovasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi menjadi prioritas pemerintah melalui Rakernas I PDIP sekaligus peringatan HUT Ke-47 partai.

Hasto Kristianto memandang empat aspek tersebut merupakan kunci untuk memakmurkan Indonesia secara berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri.

“Rakernas I menggelar pameran tentang kekayaan pangan, bumbu-bumbuan, rempah, kekayaan hayati, berbagai aplikasi teknologi dan lain-lain, yang menunjukkan keyakinan partai bahwa Indonesia memiliki modal yang begitu besar untuk maju,” kata Hasto Kristianto.

Sementara James Sumendap yang merupakan Bupati Mitra ini, mengatakan bahwa Rakernas I PDIP bakal menjadi momentum konsolidasi politik pemerintahan yang pertama pasca Kongres V PDIP di Bali.

“Banyak hal penting yang akan dibahas, diantaranya lima industri yang mencakup lima bidang prioritas kesejahteraan rakyat, riset dan teknologi hingga pemantapan Pilkada serentak 2020,” ungkapnya.

Sementara terkait lima industri yang akan menjadi pembahasan mencakup lima bidang prioritas kesejahteraan rakyat, yakni bidang pangan, sandang, dan papan; bidang pendidikan dan kesehatan; bidang lapangan kerja, sosial, dan jaminan sosial; bidang infrastruktur dan lingkungan hidup; dan bidang mental dan rohani yang meliputi agama, kepercayaan, serta kebudayaan.

“Kabupaten Mitra sendiri sangat mendukung hal ini dan siap memberi pokok pikirannya sehingga rakernas ini bisa merumuskan suatu acuan dalam mewujudkan Indonesia yang berdikari,” pungkas Ketua DPC PDIP Mitra.

Adapun Rakernas I tersebut diikuti ribuan peserta yang mewakili tiga pilar partai, yakni struktural, eksekutif, dan legislatif partai.(ten)

Add Comment