Desa Tokin Tuntaskan Pekerjaan Fisik Dandes di Tahun 2019

Pembangunan Jembatan, salah satu pekerjaan fisik yang selesai dikerjakan dengan menggunakan anggaran Dana Desa 2019 (Insert Penjabat Hukum Tua Desa Tokin Fenty Kalangi). (ist)
Pembangunan Jembatan, salah satu pekerjaan fisik yang selesai dikerjakan dengan menggunakan anggaran Dana Desa 2019 (Insert Penjabat Hukum Tua Desa Tokin Fenty Kalangi). (ist)

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Bantuan Dana Desa oleh pemerintah pusat dimanfaatkan dengan baik oleh Desa Tokin Kecamatan Motoling Timur.

Betapa tidak, sejumlah pekerjaan fisik yang ditata melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tuntas di Tahun 2019.

Alhasil warga kini dapat menikmati manfaatb dari hasil pengerjaan infrastruktur yang bersumber dari Dana Desa tersebut.

Penjabat Hukum Tua Desa Tokin Fenty Kalangi SIP, mengatakan bahwa di Tahun 2019, Desa Tokin kecipratan bantuan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa sebesar Rp 1.116.581.000.

“Untuk Dandes dan ADD di Tahun 2019 dialokasikan untuk Bidang Penyelenggaraan Pemerintah, Bidang Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat dan sejumlah pembiayaan lainnya,” terang Kalangi.

“Untuk pengerjaaan fisik yakni Rabat beton, Jembatan, Saluran Air, Talud, Pengembangan Air Bersih dan penerangan lampu jalan
Sementara untuk pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan dan bimtek peningkatan kapasitas,” sambungnya.

Untuk pengerjaan infrastruktur ini sendiri menurut Kalangi, Pemerintah Desa, BPD, LPM dan elemen masyarakat sudah berkomitmen untuk menuntaskan proyek tersebut di Tahun 2019 sebagaimana harapan warga.

“Pekerjaan fisik kita libatkan masyarakat. Sebab sejatinya Dandes untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Kalangi seraya menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat, BPD, LPM dan jajaran pemerintah Desa Tokin, yang terus bersinergi mensukseskan program pemerintah.

“Terimakasih juga untuk Presiden Jokowidodo dan Wapres Ma’ruf Amin serta Bupati Chrsitiany Eugenia Paruntu serta Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar yang terus memberi perhatian terhadap kepentingan masyarakat,” tukasnya. (lou)

Add Comment