Dinkes Mitra Himbau Warga Waspadai Tiga Penyakit di Musim Hujan

Dinkes Mitra Himbau Warga Waspadai Tiga Penyakit di Musim HujanRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kesehatan menghimbau agar warga selalu waspada akan penyakit di musim hujan ini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr.Helny Ratuliu, ada beberapa penyakit yang sering terjadi di musim hujan, diantaranya demam berdarah, influenza, dan diare.

“Jadi kami menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan timbulnya ketiga penyakit ini. Faktor utama yang bisa mencegahnya adalah dengan pola hidup bersih dan sehat,” ungkap Helny Ratuliu, Minggu (5/1/2020).

Lanjut menambahkan bahwa di tahun 2020 ini belum ditemukan penyakit demam berdarah, namun pihaknya akan menyurat ke setiap kecamatan terkait hal tersebut.

“Besok kami akan menyurat ke setiap kecamatan agar turut mensosialisasikan pentingnya hal ini, bahkan kalau perlu digalakan kerja bakti pembersihan lingkungan sebagai tindakan pencegahan,” tukasnya.

Dirinya kemudian mencontohkan seperti penyakit demam berdarah, dimana cara yang paling tepat untuk mencegahnya adalah dengan membiasakan diri melakukan 3M plus.

“Seperti demam berdarah, cara paling ampuh adalah menguras bak mandi, menutup tempat air minum, dan mengubur atau memanfaatkan barang bekas. Selain itu, mari bersama kerja bakti membersihkan lingkungan untuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan masing-masing,” tandas Helni Ratuliu.

Sementara untuk pencegahan penyakit infuenza, dirinya menjelaskan bahwa rajin berolahraga dan istirahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan bergizi, seperti buah dan sayur akan menjadi cara yang paling ampuh.

Sedangkan untuk penyakit diare lebih condong pada kebersihan diri dan lingkungan, seperti cuci tangan pakai sabun, serta menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.(ten)