Bupati Minahasa Buka Tondano Fair 2019

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si bersama istri, Ny. Fenny Roring-Lumanauw, SIP menghadiri pembukaan Tondano Fair 2019, Minggu 29 Desember 2019 di Lapangan Dr. Sam Ratulangi Tondano.

Dengan Tema kegiatan Mareng Um Banua, acaraa ini, diselenggarakan oleh Alumni SMA Negeri Tondano. Acara tersebut diisi dengan tarian Kabasaran yang dibawakan oleh Grup Kabasaran Makatana, tarian Maengket dan tarian Uka-uka yang dibawakan Ikatan Wulan – Waraney Minahasa yang dipimpin oleh Karlina Brodowsky-Roring.

Dihadiri oleh Ketua Alumni Smanto 170, Irjen Pol Carlo Brix Tewu, jajaran pemerintah kabupaten Minahasa, alumni smanto, tamu dan undangan.

Tujuan dari acara ini untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pariwisata dan UMKM di Kabupaten Minahasa dan Almuni Smanto 170 juga sudah berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam pemberantasan Eceng Gondok di Danau Tondano.

Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dalam sambutannya menyampaikan dan mengatas namakan Pemerintah Kabupaten Minahasa, Bupati dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si menyampaikan apresiasi kepada Syarila Family dibawah pimpinan Ny. Liliana Tewu-Albert dan alumni Smanto 170 karena telah menggelar Mareng um Banua Tondano Fair 2019. “Ini adalah bukti di mana anak daerah pulang untuk membangun daerahnya,” ujar Bupati ROR.

Bupati juga berterimakasih kepada Ketua dan Anggota Alumni Smanto 170, beserta seluruh elemen masyarakat yang sudah mau membantu pemerintah dalam pemberantasan eceng gondok dan revitalisasi DanauTondano.

Bupati juga mengatakan bahwa tahun depan pemerintah akan mencanangkan program pelestarian budaya di mana semua sekolah SD dan SMP akan ada mata pelajaran muatan lokal di mana didalamnya akan diajarkan bahasa daerah Minahasa serta semua sekolah akan diharuskan memiliki tarian maengket dan kolintang.

Pada kesempatan tersebut tak lupa Bupati menyampaikan Selamat Hari Natal dan Selamat menyongsong Tahun baru 2020 bagi seluruh masyarakat Minahasa. Selanjutnya dengan ditandai pemukulan tetengkoren acara Mareng Um Banua Tondano Fair secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Plt.Kadis Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Jeffry Sualang dan Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si.

Dalam acara tersebut diadakan pencanangan pemberantasan eceng gondok dengan ditandai pengguntingan eceng gondok oleh Bupati Minahasa dan Plt. Kadis Kebudayaan Drs. Jefry Sualang serta Ketua alumni Smanto 170 Irjen Pol . Carlo B Tewu. Kemudian Bupati melepas peserta Fun Bike Tondano Fair 2019. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 29 sd 31 desember 2019. (rom)