Lansia di Minahasa Tenggara Terima Bantuan Rp2,5 Miliar

Lansia di Minahasa Tenggara Terima Bantuan Rp2,5 MiliarRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Jelang tahun baru, para lansia di Kabupaten Mitra akan mendapatkan kado. Total Rp 2,5 miliar lebih bakal diserahkan kepada 6.298 lansia di 12 kecamatan.

“Untuk penyaluran sudah mulai dilakukan Bahkan tadi sudah dilakukan di tujuh Kecamatan,” ujar Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mitra melalui Kepala Bidang Akuntansi Halens Ole, Jumat (27/12/2019).

Para penerima bantuan lansia, dijelaskan Halens sudah melalui verifikasi dan validasi, yang telah dimulai dari Dinas Sosial. Selanjutnya diserahkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk berhubungan masalah status kependudukan lansia. Serta pengecekan umur apakah sudah memenuhi syarat dari ktp yang diterbitkan.

“Setelah itu dokumen kembali lagi ke dinsos untuk direkap kembali data beserta proposal yang ada. Baru diserahkan ke badan keuangan daerah dengan serah terima dokumen untuk siap dilakukan proses pencairan,” jelasnya.

Adapun penerima yang tidak hadir saat pencairan akan gagal mendapatkan dana lansia, dikarenakan pihak Pemkab menyesuaikan dengan kebijakan Bank Sulut.

“Sesuai rapat dengan pihak Bank Sulut, bahwa yang tidak hadir saat penyaluran dipastikan tidak akan dapat. Sedangkan dananya akan dikembalikan ke kas daerah. Ini juga sudah kami beritahukan melalui surat edaran,” terang Halens seraya menambahkan keputusan tersebut merupakan kriteria yang ditetapkan Bank Sulut dan tidak bisa dicampur Pemkab Mitra.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Franky Wowor mengatakan, penerima lansia ini disesuaikan dari data yang diberikan pihak Pemerintah Desa. Selanjutnya dilakukan verifikasi sesuai Perbup.

“Ada beberapa syarat yang kami lihat salah satunya NIK, serta surat keterangan miskin,” jelas Wowor menyebut untuk Pensiunan PNS tidak bisa dijadikan penerima.(ten)

Add Comment