DPD-RI Siap Wujudkan Parlemen yang Kuat dan Aspiratif

Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP menyam;paikan laporan PURT di Sidang Paripurna ke-6 DPD-RI
Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP menyam;paikan laporan PURT di Sidang Paripurna ke-6 DPD-RI

JAKARTA, (manadotoday.co.id)– Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Letjen (Purn) Marinir Dr Nono Sampono MSi mengatakan, DPD-RI siap menjadi parlemen yang kuat dan aspiratif untuk memperjuangkan kepentingan daerah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Nono Sampono yang pernah menjabat Komandan Paspampres Megawati Soekarnoputri dan Kepala Badan Nasional SAR, itu merupakan visi DPD-RI tahun 2020 mendatang.

‘’Untuk mewujudkan visi tersebut, DPD-RI memiliki misi yang terfokus pada memperkuat DPD-RI sebagai representatif daerah, parlemen Indonesia, serta mengoptimalkan dan meningkatkan hubungan kelembagaan dengan lembaga negara lainnya, pemerintah, bahkan dengan parlemen lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri,’’ tukas mantan Komndan Marinir ini.

Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP menyerahkan Laporan PURT diterima Wakil Ketua I DPD-RI Nono Sampono
Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP menyerahkan Laporan PURT diterima Wakil Ketua I DPD-RI Nono Sampono

Sementara Wakil Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD-RI Ir Stefanus BAN Liow MAP yang juga Koordinator Tim Kerja Penyusunan Renstra DPD-RI Tahun 2020-2024 saat  menyampaikan laporan di hadapan Sidang Paripurna ke-6 DPD- RI mengatakan, semangat penguatan DPD-RI sebagai parlemen Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 dan Undang-Undang untuk memperjuangkan kepentingan daerah menjadi roh pelaksanaan tugas,  wewenang dan fungsi DPD-RI dalam wadah NKRI.

Semangat tersebut lanjut anggota DPD-RI dari Sulawesi Utara ini, dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) DPD-RI Tahun 2020-2024. ‘’Renstra merupakan penjabaran dari visi, misi, tujuan dan sasaran strategis DPD-RI yang dilaksanakan dalam bentuk arah dan kebijakan strategis lima tahun mendatang,’’ tukasnya.

Renstra DPD-RI Tahun 2020-2024 sendiri telah disahkan dalam Sidang Paripurna ke-6 DPD-RI yang berlangsung di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (12/12/2019) dipimpin Ketua DPD-RI Ir La Nyala Mattalitti bersama Wakil Ketua I Letjen (Purn) Marinir Dr Nono Sampono MSi dan Wakil Ketua II Dr Mahyudin MSi. (ark)

Add Comment