Walikota Hadiri Perayaan Natal TP-PKK dan DWP Bitung

Walikota Hadiri Perayaan Natal TP-PKK dan DWP BitungBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi, bersama Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung, menghadiri kegiatan Hari Ibu ke-91, HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-520 yang dirangkaikan dengan Perayaan Natal TP-PKK dan DWP Kota Bitung, bertempat di BPU Kantor Walikota Kamis (12/12/2019).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan patutlah mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena boleh melaksanakan serangkaian kegiatan tersebut.

“Tuhan menciptakan alam ini dengan baik, tetapi manusia yang merusaknya. Alam ini diciptakan untuk manusia dan harus digunakan dengan bijaksana dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Maka lewat fragmen tersebut kata Lomban, kita diimbau untuk melaksanakan program-program dalam rangka melestarikan kembali hutan itu, sehingga berfungsi sebagaimana mestinya dia, tidak justru membawa bencana, antara lain dengan menghutankan kembali hutan yang terbaka, jangan menebang pohon sembarang, karena hutan mengeluarkan O2 yang kita hirup dalam bentuk udara.

“Kalau hutan kita tidak berfungsi maka dapat dijamin daerah itu banyak orang berumur pendek, karena tidak menghirup udara yang sehat,” terangnya.

Oleh sebab itu Lomban menghimbau untuk para ibu-ibu untuk bertanggung jawab atas sampah-sampah plastik yang ada di rumah, mulai memilah mana sampah organik dan mana sampah non organik.

“Yang organik kita boleh buat pupuk kompos karena ulai tahun depan kita memiliki program pertanian organik, pertanian yang tidak mengandung pupuk kimia, tidak menggunakan pestisida. Marilah kita mulai dari rumah tangga kita masing-masing dan saya berharap Tim Penggerak PKK dan DWP menjadi pelopor di rumah tangga masing-masing, mari kita merestorasikan hutan kita dan pikiran kita dalam bertindak,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP-PKK Bitung memberikan sambutan mengenai Hari Ibu, yaitu untuk membangkitakan kepedulian masyarakat tentang perspektif perempuan berdaya dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan dan mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Serta mendukung penguatan karakter perempuan berdaya melalui sektor ekonomi, kewirausahaan perempuan sebagai salah satu solusi penurunan angka kekerasan pada perempuan,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk itu pada kesempatan yang berharga ini ia mengajak ibu-ibu, ketua organisasi perempuan di Kota Bitung agar memberdayakan diri.

“Jadilah perempuan yang tangguh dan mandiri,” pesan Rawung.

Ketua DWP Kota Bitung dr Rini Pangemanan Tinangon menyampaikan, pada hari ini juga DWP telah diberi kesempatan untuk memperingati HUT ke-20, yang tepatnya jatuh pada tanggal 7 Desember dimana peringatan tahun ini mengangkat tema ‘Optimalisasi Kerja DWP Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Untuk Suksesnya Pembangunan Nasional’ sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina isteri ASN.

Lanjutnya, DWP patut bersyukur dan berbangga karena pada usia ke-20 tahun telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar, telah diberi petunjuk dan kemudahan dalam mejalankan progrm kerja, organisasi secara terstruktur sehingga encapai kinerja seperti saat ini.

“Oleh sebab itu kami mengimbau untuk para pengurus dan anggota DWP untuk bersama-sama dan selalu berupayah meningkatkan kualitas sebagai anggota organisasi isteri ASN agar mampuh bekerja secara profesional dalam berjuang mengembangkan organisasi yang kita cintai agar lebih bermanfaat bagi seluruh anggota dan untuk bangsa dan negara yang kita cintai,” pungkas Tinangon.

Ibadah perayaan Natal ini, dipimpin oleh Pdt Aser Esau MTh dan dihadiri Asisten I Drs Oktavianus Tumundo, Asisten II Jeffry Wowiling MSi bersama jajaran perangkat daerah, Ketua FKUB Pdt Vivi Lausan Rompas MTh, seluruh pengurus TP-PKK, seluruh pengurus DWP dan gabungan organisasi wanita Kota Bitung.(kys)

Add Comment