Rakernas Bapenda di Pekanbaru Bahas Optimalisasi PAD

Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs Gerardus E Mogi mengikuti Rakerna Bapenda di Pekanbaru Riau
Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs Gerardus E Mogi mengikuti Rakerna Bapenda di Pekanbaru Riau

PEKANBARU, (manadotoday.co.id)—Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di Kota Pekanbaru Provinsi Riau Kamis (5/12/2019) diikuti oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon Drs Gerardus E Mogi.

Dalam Rakernas tersebut, sejumlah topik penting yang berhubungan dengan peningkatan pendapatan daerah. Kpeada manadotoday.co.id, Mogi mengungkapkan bahwa dalam Rakernas, mereka memperoleh beberapa materi penting dari narasumber.

Sesditjen Bina Keuangan Daerah dr Drs Agus Fatoni MSi misalnya, memberikan materi tentang langkah-langkah strategis peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk menunjang pembangunan daerah.

‘’Ya, banyak langkah yang diberikan oleh pemateri ini yang sangat berguna untuk meningkatkan PAD sehingga bisa menunjang pembangunan,’’ ujar Mogi.

Materi lainnya adalah Pemberian Insentif Pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah sesuai PP Nomor 69 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2019 yang dibawakan oleh Direktur Pendapatan Daerah Dirjen Bina Keuda Dr Hendriwan MSi.

‘’Ada juga Best Practice Optimalisasi PAD di Kabupaten Bogor serta Dukungan Perbankan untuk peningkatan PAD, Solusi Digital untuk PAD yang Optimal,’’ tukas Mogi.

Apa yang diperoleh tambahnya, tentunya menambah pengetahuan yang nantinya diterapkan di Kota Tomohon. (ark)

Add Comment