Desa Kumelembuai Atas Gunakan Dandes Tahap III Tahun 2019 Bangun Drainase dan Pemberdayaan

Desa Kumelembuai Atas Gunakan Dandes Tahap III Tahun 2019 Bangun Drainase dan Pemberdayaan1KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Menjawab keinginan masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan, Pemerintah Desa Kumelembuai Atas Kecamatan Kumelembuai Kabupaten Minahasa Selatan, terus melaksanakan berbagai program pembangunan.

Salah satunya dengan memanfaatkan bantuan pemerintah pusat yakni Dana Desa yang merupakan program prioritas Presiden Joko Widodo.

Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lilly Lapian SPd menuturkan, bahwa untuk Dana Desa Tahap Ketiga Tahun 2019, diperuntukan bagi pembangunan drainase dan pemberdayaan masyarakat.

“Program ini sebagaimana hasil musyawarah desa yang disepakati dan dituangkan dalam APBDes Tahun Anggaran 2019,” terang Lapian, disela-sela peletakan batu pertama pembangunan drainase yang diawali dengan ibadah dipimpin Gembala GPDI Elshaday Ray Sumampow, dan dihadiri BPD, LPM serta perangkat Desa Kumelembuai Atas, Senin (2/12/2019).

Desa Kumelembuai Atas Gunakan Dandes Tahap III Tahun 2019 Bangun Drainase dan PemberdayaanPembangunan Drainase itu sendiri menurut Lapian, panjangnya sekitar 700 Meter dengan Anggaran Tahap 3 Pembangunan Drainase Anggaran 244.423.000. Sementara untuk Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, meliputi Pelatihan tentang Perikanan Darat dianggarkan sebesar Rp 16.500.000, Pelatihan Pertanian dan Peternakan dengan anggaran Rp 24.600.000 serta Pelatihan UMKM dianggarkan sebesar Rp.13.500.000.

“Saya berharap proyek Pembangunan dan pelatihan guna peningkatan kualitas SDM, akan memberi manfaat positif bagi masyarakat,” ujar Lapian sembari berharap program Dana desa akan terus berkelanjutan dibawah pemerintahan Presiden Djoko Widodo dan Wakil Presisen Maa’ruf Amin.

Pun demikian, Lapian menyampaikan apresiasi atas upaya dan kerja keras Bupati Minsel, DR Cristiany Eugenia Paruntu SE, dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar SH, yang terus berkomitmen mensejahterakan masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan.

“Dalam hal penggunaan Dandes selaku pemerintah kami juga tetap berkomitmen untuk transparan dan akuntabel,” ujar Lapian seraya mengajak masyarakat mendukung program pembangunan dan secara bersama-sama mengawaai program pembangunan yang bersumber dari Dandes dan Alokasi Dana Desa. (lou)

Add Comment