Pemkot Manado Siapkan Pulau Manado Tua Sebagai Destinasi Baru Ekowisata

pulau manado tua
Pemkot Manado Siapkan Pulau Manado Tua Sebagai Tujuan Destinasi Baru Ekowisata

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemkot Manado terus menseriusi pengembangan pariwisata. Tidak hanya Pulau Bunaken yang menjadi fokus, tapi juga Pulau Manado Tua yang banyak menyimpan potensi wisata yang perlu digali lebih dalam.

Terkait hal tersebut, Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Laporan Akhir Desain Strategi Rencana Aksi (DSRA) Pulau Manado Tahun 2019 pada Jumat (29/11/2019).

Kepala Dispar Lenda Pelealu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dan inisiatif Pemkot Manado dalam mengembangkan potensi Pulau Manado Tua sebagai tujuan destinasi baru ekowisata unggulan Kota Manado.

“Ini sangat esensial untuk menggali dan mengangkat citra dan potensi wisata Pulau Manado Tua ke depannya, serta memajukan pengembangan destinasi dan industri wisata melalui Atraksi, Aksebilitas dan Amenitas,”kata Pelealu.

Dalam FGD tersebut, ia mengatakan pihaknya bersama tim konsultan dari Universitas Politeknik Manado menyerap banyak aspirasi serta masukan dari masyarakat Pulau Manado Tua untuk mencari tau kendala-kendala berkaitan pengembangan pariwisata di pulau tersebut.

“Banyak (aspirasi) yang kami serap, mulai dari Manado Tua dijadikan seperti Gunung Tumpa (spot paralayang), dijadikan hutan lindung dan ada yang meminta agar memberdayakan potensi dari pulau tersebut seperti daun woka yang dijadikan kerajinan serta mereka minta dibuka tempat usaha pengasapan ikan cakalang,”jelasnya.

Ia pun berharap agar kegiatan tersebut memperolah outcomes (hasil) dan impact (dampak) yang sifatnya memilik efek ganda dalam perkembangan pariwisata di Kota Manado khususnya di Pulau Manado Tua.

“Pulau Manado Tua masuk dalam kawasan strategis nasional sebagai tujuan destinasi ekowisata, dan Wali Kota G.S Vicky Lumentut serta Wakil Wali Kota Mor Bastiaan berkomitmen untuk memberdayakan Pulau Manado Tua supaya juga masyarakat di sana lebih sejahtera,”tukas Pelealu.(ryan)

Add Comment