Gerakkan Perekonomian, DPRD Mitra Minta Tahun 2020 BUMDes Diperdayakan

Gerakkan Perekonomian, DPRD Mitra Minta Tahun 2020 BUMDes DiperdayakanRATAHAN, (manadotoday­.co.id) РDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Tenggara mendorong, agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) lebih diberdayakan di tahun 2020.

“Keberadaan BUMDes di setiap desa itu sangat penting, sehingga perlu diberdayakan lagi di tahun 2020,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Mitra, Artly Kountur.

Ia mengatakan, jika BUMDes mampu diberdayakan dengan baik maka dapat menggerakkan perekonomian masyarakat desa.

“Adanya BUMDes bisa berdampak menggerakkan ekonomi kerakyatan di desa. Asalkan mereka diberikan perhatian lebih untuk mengembangkan usaha,” kata politisi kawakan PDI-P ini.

Ia berharap pihak eksekutif dapat mendorong kreatifitas dari BUMDes untuk pengembangan usaha, serta pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan.

“Perhatikan dari pihak eksekutif untuk mendorong BUMDes akan sangat penting. Sama pentingnya dalam mengembangkan pembangunan fisik di desa,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada pemerintah desa dan pengelola BUMDes agar melihat peluang usaha yang ada melibatkan seluruh masyarakat.

“Jika ada peluang usaha maka manfaatkan itu dengan baik. Sebagai contoh ada di daerah lain, BUMDes bisa mendapatkan laba sampai miliaran rupiah, saya harap di Minahasa Tenggara bisa ada seperti itu,” tandas Artly.(ten)

Add Comment