Buka Gebyar PAUD, Wabup Legi: Mutu Pendidikan PAUD Merupakan Masalah Nasional

Buka Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini,RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Jocke Legi, membuka secara resmi Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan melalui Bidang PAUD dan Dikmas, Kamis (28/11 2019), bertempat di Sport Hall Kantor Bupati.

Mewakili Bupati Mitra James Sumendap SH, Wakil Bupati Drs Jocke Legi menyampaikan, mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan masalah nasional. Dimana saat ini sudah menjadi perhatian bagi semua pengambil kebijakan, termasuk didalamnya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Pemkab Mitra lewat Dinas Pendidikan PAUD dan Diknas terus berupaya menumbuh dan meningkatkan akses ke masyarakat, terutama masyarakat berpengasilan rendah. Dinilai yang belum sejalan dengan kualitas dari penyelengaraan PAUD,”ujar Wabup.

Bahkan masalah ini bukan hanya faktor lembaga, akan tetapi juga didorong oleh faktor yang lain. Pemerintah sebagai lembaga negara, terus berupaya untuk menjebatani harapan dari para orang tua.

“Kiranya, melalu kebijakan dan Program dan kegiatan khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini, mendepankan pendekatan kualitatif dengan tekni pengumpulan data melalui diskusi terfokus atau FGD. Dengan para pemuat kebijakan, praktisi, guru, pengelola dan lembaga PAUD. Lewat kegiatan ini, para anak PAUD bisa dibekali lewat motorik,”pungkas Wabup.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra Ascke Benu lewat Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Mitra Yovita Sualang, anak merupakan anugerah yang luar biasa, maka kita di tuntut agar bisa membawah dan mengarahkan anak kita ke harapan yang luar biasa.

“Kita selaku orang tua dan guru dituntut harus memiliki pemahaman dan kepekaan, terkait masalah tumbuh kembang anak. Sikap tersebut harus dimiliki para orang tua dan guru, agar pertumbuhan anak tidak terhambat. Apalagi kita mengenal periode emas, periode emas itu adalah periode sampai 5 tahun. Periode yang amat baik,”ujar Kabid.

“Dengan diadakan kegiatan Gebyar PAUD terdiri dari empat perlombaan diantaranya, lomba mewarnai, lomba peragaan busana, lomba bintang Vokalia, lomba gerak dan lagu. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari,”tuturnya.(ten)­