Kecamatan Kumelembuai Monev APBDes 2019, Camat Kamang Sesalkan Desa Malola 1 Tidak Proaktif

Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP
Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kecamatan Kumelembuai, telah selesai melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terkait dengan pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2019.

Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP, mengungkapkan pelaksanaan Monev yang dilaksanakan bersama pendamping Desa di 7 Desa yang tersebar di Kecamatan Kumelembuai, dan berakhir, Kamis (21/11/2019) kemarin, menghasilkan beberapa catatan penting untuk ditindaklanjuti.

“Ada beberapa catatan yang diperoleh yakni hampir semua Desa belum optimal untuk tingkat penyerapan Dana Desa Tahap 1 dan 2, Pemanfaatan Bumdes belum optimal, Transparansi Informasi Publik harus ditingkatkan dan Pengarsipan serta pengadmistrasian harus ditingkatkan oleh Sekdes dan Bendahara,” beber Camat Kamang.

Dari 7 Desa yang dilakukan Monitoring, Kamang menyesalkan ketidaksiapan Desa Malola Satu, sehingga belum dilakukan pemeriksaan soal pengelolaan APBDes Tahun 2019.

Tim Monev Pengelolaan APBDes Kecamatan Kumelembuai, saat melakukan pemeriksaan di Desa Makasili. (ist)
Tim Monev Pengelolaan APBDes Kecamatan Kumelembuai, saat melakukan pemeriksaan di Desa Makasili. (ist)

“Karena tidak ada kesiapan atau tidak proaktif sehingga kita akan berikan sanksi berupa pembinaan administrasi,” tandas birokrat handal milik Pemkab Minsel ini.

Sementara itu dipaparkan Camat Kamang, beberapa hal yang dilaksanakan tim Pemerintah Kecamatan dan pendamping Desa, saat melaksanakan Monev APBDes 2019 yakni Pemeriksaan Administrasi APBDes, Evaluasi Progress dan Capaian Output, Monitoring Realisasi Fisik dan Keuangan, Pemeriksaan Transparansi Informasi Publik, Dokumentasi Pekerjaan Pembangunan Fisik, Pemeriksaan RPD, RAP, Pembukuan SPJ, Pemeriksaan Dokumen Hasil Musdes dan Pemeriksaan Dokumen Hasil Musrenbangdes.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Kumelembuai menyampaikan terima kasih kepada Tim yang sudah bekerja, teristimewa kepada Jajaran Pemerintah Desa Kecamatan Kumelembuai yang telah kooperatif dan berkoordinasi dengan baik dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan APDes 2019,” pungkasnya. (lou)

Add Comment