Sejarah Mencatat, Wali Kota Tomohon Berasal dari Anggota DPRD

Sejarah mencatat Wali KOta Tomohon berasal dari DPRD Tomohon
Wali Kota Tomohon Jefferson SM Rumajar SE dan Jimmy F Eman SE Ak CA berasdal dari DPRD Tomohon.

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Sejak dimekarkan dari Kabupaten Minahasa tahun 2003 lalu, yang menjadi Wali Kota Tomohon Definitif berasal dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon. Akankah sejarah ini berlanjut di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020 mendatang?

Ini bisa saja terjadi, sebab dari Partai Golkar, sudah ada dua bakal calon yang mendaftar, yakni Ir Miky JL Wenur MAP (Ketua Komisi III DPRD Tomohon) dan Christo Bless Eman SE (Sekretaris Komisi III DPRD Tomohon).

Itu baru dari Partai Golkar. Masih ada dari partai lain yang digadang-gadang akan mencalonkan diri seperti Caroll JA Senduk SH, Wakil Ketua DPRD Tomohon yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Tomohon.

Dari partai gabungan (jika mencalonkan) nama Cherly Mantiri SH dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sudah mulai didengung-dengungkan.

‘’Sepanjang sejarah Kota Tomohon memang baru ada dua wali kota definitif yakni Jefferson SM Rumajar SE dan Jimmy F Eman SE Ak CA. Keduanya berasal dari DPRD Tomohon lalu mencalonkan diri. Jadi, hingga saat ini sejarah mencatat yang menjadi wali kota di Tomohon semuanya berasal dari DPRD,’’ ujar Robert K Moningka SIP, pengamat politik Kota Tomohon.

Senada diungkapkan pengamat politik lainnya Jendry H Pusung. Menurutnya, dari konstelasi dan aspirasi masyarakat Kota Tomohon saat ini, sepertinya masih ada kekuatan besar yang akan muncul dari DPRD sebagai calon wali kota.

‘’Kita tunggu seperti apa, yang pasti dari pendaftaran di Partai Golkar dan isu-isu yang berkembang saat ini,, ada sejumlah anggota DPRD yang memiliki kans bedsar menjadi wali kota,’’ tukasnya. (ark)

Add Comment