Minahasa Raih Swasti Saba Wiwerda Kabupaten Sehat Tahun 2019

RRTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda Kabupaten Sehat 2019 peringkat kedua yang diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam acara yang berlangsung di Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).
Penghargaan tersebut diberikan setelah melalui proses verifikasi terhadap lima tatanan yang disyaratkan untuk dilaksanakan yakni pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kehidupan sosial yang sehat, ketahanan pangan dan gizi, pariwisata sehat dan lalu lintas tertib serta pelayanan transportasi.
Dalam acara tersebut juga turut hadir Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto yang dalam sambutannya mengatakan pemerintah saat ini sedang fokus pada dua hal yakni stunting dan jaminan kesehatan nasional. Mendagri menyorot masalah bonus demografi, yang menurutnya, besarnya jumlah angkatan kerja, jika tidak segera diatasi akan menaikkan angka pengangguran.
Terkait diterima penghargaan tersebut, Bupati Royke Roring menyatakan agar dapat terus memotivasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa untuk terus meningkatkan pola hidup sehat dan upaya-upaya untuk menunjangnya.
“Penghargaan ini bukan sekedar prestise bagi kita tapi lebih dari itu harus jadi penyemangat untuk terus meningkatkan hal-hal baik yang sudah dilakukan selama ini di bidang kesehatan khususnya,” harap mantan Bupati.
“Penghargaan ini akan memotivasi
warga agar melakukan pola hidup sehat , ” tutur Bupati.
Bupati Roring yang dalam kesempatan tersebut mengenakan pakaian adat khas Minahasa dan turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Maya Rambitan yang juga selaku Sekretaris Tim Pembina Kabupaten Sehat.
Pada kesempatan itu Rambitan menyatakan ucapan terima kasih kepada semua pihak terkait terutama Forum Kabupaten Sehat yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang sudah mendukung sehingga penghargaan yang menjadi kebanggaan bersama Pemerintah dan Masyarakat Minahasa ini boleh diraih.
“Ini bukti kerja keras dan kerjasama dari semua pihak, terlebih arahan dan petunjuk Bupati dan Wakil Bupati, serta Sekda sehingga berbuah penghargaan ini , ” ujar Rambitan. (rom)

Add Comment