Wakili Bupati JS, Kadinkes Helny Ratuliu Terima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

received_479444175997504JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Luar biasa Kabupaten Minahasa Tenggara yang dipimpin Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi, terus mengukir prestasi, kali ini Pemkab Mitra dianugrahi penghargaan Swasti Saba Wiwerda dari Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) bersama Kementrian Kesehatan (Kemenkes) (Kabupaten Sehat) bertempat di kantor Kemendagri Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menkes Terawan Agus Putranto kepada Bupati James Sumendap yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Helni Ratuliu.

Dalam sambutannya Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa saat ini pemerintah menitikberatkan pada stunting dan jaminan kesehatan nasional, dimana Kabupaten/Kota sehat merupakan wujud nyata konvergensi intervensi spesifik dan intervensi spesifik dalam penurunan stunting di Indonesia.

“Angka stunting turun dari 37 persen menjadi 27 persen dalam kurun waktu 6 tahun,”ujar Terawan Agus Putranto.

Adapun menurut World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia, stunting adalah kegagalan pertumbuhan anak akibat gizi buruk, terkena infeksi berulang kali, dan kekurangan stimulasi psikososial.

Di lain pihak, Tito Karnavian menjelaskan terkait bonus demografi di Indonesia, dimana besar angkatan kerja bakal mempengaruhi angka pengangguran.

“Berbeda dengan Singapura dan Jepang yang mengalami aging population, kita justru alami problema bonus demografi, yaitu besarnya angkatan kerja. Jika tak segera diatasi, ini bisa jadi masalah dan angka pengangguran bisa naik,” ungkap Tito Karnavian.

Sementara itu, Helny Ratuliu mengatakan, ini adalah kali kedua Mitra mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat, setelah sebelumnya pada 2017 menerima predikat Swasti Saba Padapa.

“Ini patut disyukuri dan merupakan kebanggaan bagi Mitra karena ini berarti pengakuan Mitra sebagai kabupaten sehat naik satu tingkat menjadi Swasti Saba Wiwerda,” tandas Helny Ratuliu.

Menurutnya, keberhasilan ini bisa diraih berkat kerja keras semua elemen pemerintah, stakeholder terkait, dan masyarakat dalam mendukung hadirnya tatanan hidup yang baik dan sehat.

“Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras dan komitmen semua pihak, lebih khusus Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Legi yang terus mendorong dan memotivasi seluruh jajaran hingga masyarakat dalam menciptakan tatanan yang baik dan sehat di Mitra,” pungkas Helny.(ten)