KPU Ajak Pers Kawal Tahapan Pilkada Tomohon 2020

Coffee morning KPU Tomohon dengan insan pers
Coffee morning KPU Tomohon dengan insan pers

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Memasuki tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon mengajak pers mengawal semua tahapan pesta Demokrasi lima tahunan tersebut.

Saat menggelar coffee morning Jumat (15/11/2019), komisioner KPU di bawah pimpinan Drs Harryanto Lasut MAP meminta agar pers bersama-sama mengawal tahapan dan menyukseskan Pilkada tahun 2020.

‘’Ya, pesta demokrasi pemilihan wali kota dan wakil wali kota sudah dalam tahapan. Untuk suksesnya Pilkada ini, kami minta para wartawan yang meliput di Kota Tomohon untuk mengawalnya sampai ke tingkat akhir,’’ ujar Ketua KPU Tomohon Drs Harryanto Lasut MAP  didampingi komisioner Stenly Kowaas SP, Robby Golioth ST, Jakobus A Wowor SH serta Albertin Vierna Pioh SE.

Pertemuan KPU Tomohon dengan insan pers pertama kalinya untuk Pilkada Tomohon 2020 tersebut, disosialisasikan tahapan dan syarat-syarat calon perseorangan.

Koordinator Divisi Perencanaan dan Data Vierna Pioh SE menjelaskan untuk calon perseorangan, harus memperoleh dukungan sebanyak 7.097. Hasil tersebut diperoleh dari sepuluh persen jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada terakhir yang berjumlah 70.969 dan telah ditetapkan 26 Oktober lalu.

Sementara persyaratan lainnya dikatakan Koordinator Divisi Teknis Robby Golioth ST, dukungan calon perseorangan harus tersebar minimal di tiga kecamatan.

‘’Pemberi dukungan harus memiliki E-KTP dan terdaftar pada pemilu tahun 2019. Bukan sebagai ASN, anggota TNI, Polri, bukan penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu, sekretariat dan tenaga adhoc serta lurah,’’ jelas Golioth.

Sementara untuk dukungan, diserahkan oleh pasnagan calon pada 11 Desember 2019-5 Maret 2020. (ark)

Add Comment