KPK Apresiasi Inovasi Pemkot Tomohon Soal Pajak Galian C

Irawati, anggota Tim Korsupgah KPK-RI yang datang ke Kota Tomohon
Irawati, anggota Tim Korsupgah KPK-RI yang datang ke Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) yang datang ke Kota Tomohon mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Tomohon di bawah pimpinan Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak CA melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) pada Pajak Galian C.

Buntut minimnya pendapatan dari Pajak Galian C padahal memiliki potensi yang sangat besar, dibangunlah portal dilengkapi CCTV atau kamera pemantau  di tiga lokasi Galian C masing-masing Kakaskasen Satu, Kinilow dan Kinilow Satu.

Hasilnya, Pajak Galian C yang semula hanya Rp91.886.250 pada Januari-Juni 2019 melonjak sebesar 1.686 persen mencapai Rp 1.640.970.470 selang Juni hingga saat ini. Tentunya ini merupakan inovasi yang sangat baik. Itu sangat membantu bagi daerah dalam melaksanakan pembangunan. Ini patut dikembangkan terus dan diharapkan muncul inovasi-inovasi baru yang bisa lebih membuat Kota Tomohon lebih baik,’’ ujar Irawati.

Dorongan untuk terus meningkatkanPendapatan Asli Daerah  (PAD) juga datang dari Wahyudi, Tim Korsupgah lainnya. Menurutnya, hingga saat ini Kota Tomohon masih bergantung pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) karena jumlah PAD masoh sedikit yakni 10 persen dari DAU.

Data yang ada, untuk DAU berkisar Rp700 miliar, sementara PAD Rp70 miliar.

‘’Kalau begini terus tanpa ada perkembangan pendapatan dari PAD, daerah akan kesulitan dan tidak bisa hidup. Jadi, perlu ada inovasi dan strategi baru untuk menaikkan pendapatan,’’ tukas Judi.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA terus mewanti-wanti kepada para wajib pajak untuk taat membayar. ‘’Kan semua yang dibayar untuk kebutuhan kita juga. Jadi, tolong untuk pajak supaya rajin membayar. Apakah itu pajak restoran, pajak hotel, pajak galian c dan jenis pajak lainnya,’’ tukas wali kota. (ark)

Add Comment