Tomohon Masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Royke Ambrosius Roeroe SP MAP
Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Royke Ambrosius Roeroe SP MAP

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon terus menyeriusi peningkatan bidang pariwisata. Pasalnya, Kota di daerah pegunungan Provinsi Sulawesi Utara ini masuk dalam Kawasan Stategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA melalui Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon Royke Ambrosius Roeroe SP MAP mengatakan, ini merupakan loncatan untuk pencap[aian visi kawasan ekonomi pariwisata.

‘’Untuk menuju ke sana, kita harus melakukan percepatan infrastruktur daerah dan itu sudah sementara diupayakan,’’ ujar Roeroe kepada wartawan usai kegiatan Tomohon Planners Club membahas Uji Publik Materi Revisi Tata Ruang dan Kawasan Strategis Kawasan Pariwisata Nasional Kota Tomohon di Anugerah Hills Selasa (12/11/2019).

Baru-baru ini lanjut Roeroe, ia mendampingi wali kota bertemu langsung dengan Menteri Koordinator Perekonomian Ir Airlangga Hartarto membahas rencana pengembangan kawasan pariwisata nasional di Kota Tomohon.

KSPN itu sendiri dinamakan KSPN Tomohon-Tondano dan Sekitarnya dan akan mengambil dataran tinggi sebagai nuansa baru peningkatan pariwisata.

‘’Biasanya yang menjadi lokasi pengembangan wisata di dataran rendah. Nah, Tomohon merupakan daerah pertama untuk pengembangan dataran tinggi sebagai lokasi wisata di Kawasan Timur Indonesia. Kalau di Bagian Barat ada Danau Toba dan sekitarnya,’’ tukas Roeroe. (ark)

 

Add Comment