Menguntungkan, Tanaman Cabe Kini Jadi Primadona di Motoling Barat

Camat Motoling Barat Ruddy Liow MPd, di areal perkebunan rica atau cabe milik warga
Camat Motoling Barat Ruddy Liow MPd, di areal perkebunan rica atau cabe milik warga

MOTOLING, (manadotodasepertiy.­co.id) – Tanaman Holtikultura Cabe atau Rica (sebutan warga lokal di Sulawesi Utara) kini menjadi salah satu sumber pendapatan warga di Kecamatan Motoling Barat, yang memiliki prospek menguntungkan.

Buktinya, hampir sebagian besar lahan perkebunan milik warga setempat pasti akan ditemukan tanaman holtikultura jenis Rica, yang sudah siap panen maupun yang baru ditanam.

Camat Motoling Barat Ruddy Liow MPd, mengatakan beralihnya sebagian besar minat warga di Kecamatan Motoling Barat lebih khusus di Desa Raanan Baru, membudidayakan tanaman Rica, karena dari segi ekonomi sangat menguntungkan.

“Rica itu memiliki pasar yang jelas dan sangat menguntungkan,” kata Liow, di Kantor Camat Motoling Barat, Senin (11/11/2019).

“Apalagi disaat harga Kopra dan Cengkih sedang anjlok, Rica menjadi solusi yang tepat bagi Petani dalam menambah penghasilan. Hal ini juga memberi pemahaman kepada Petani agar tidak tergantung pada Komoditi Kelapa dan Cengkih,” ujarnya.

Sebagai pemerintah kata Liow, sudah menjadi kewajiban untuk terus mensupport dan memotifasi warga untuk berinovasi memanfaatkan lahan perkebunan untuk ditanami tanaman yang memberikan manfaat dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan.

“Dan menjadi komitmen saya untuk menjadikan Motoling Barat sebagai sentra produksi Rica di Kabupaten Minsel dan Sulut pada umumnya,” ucap Liow.

Saat ini menurut Liow, dalam seminggu sekali panen Rica di wilayah Motoling Barat, diperkirakaan ada sekitar 6 hingga 10 Ton hasil produksi Rica milik Petani dan Kelompok Tani, yang dipasarkan di sejumlah pasar tradisional dan supermarket di Sulut bahkan di luar daerah.

“Menanam Rica selain menguntungkan pemilik lahan juga mendatangkan lapangan kerja baru bagi masyarakat terlebih para ibu-ibu yang dapat dipekerjakan sebagai pemetik,” tukasnya seraya memberi apresiasi kepada para perangkat Desa di Motoling Barat yang bukan hanya mensupport warga memanfaatkan lahan untuk ditanami Holtikultura, namun sekaligus menanam untuk memotifasi warga.

Sementara itu Hukum Tua Desa Raanan Baru Dua Harto Lumenta, mengakui bahwa menanam Rica hasilnya sangat menguntungkan.

“Menanam Rica sangat membantu selain mudah bercocok tanam, modal yang dikeluarkan tidak banyak. Dan hasilnya sangat memuaskan. Di Desa Raanan Baru Raya sudah banyak yang menanam Rica karena memang terbukti menguntungkan,” pungkasnya. (lou)

Add Comment