Pangemanan: Pemuda Penggerak Pembangunan Nasional

Pemuda Penggerak Pembangunan NasionalBITUNG, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung DR Audy Pangemanan membuka acara Seminar Peningkatan Nilai-Nilai Pancasila bagi pelajar, mahasiswa sebagai penerus bangsa, di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Kamis (7/11/2019).

Dalam Sambutannya Pangemanan mengatakan, pemuda merupakan sekelompok manusia muda yang akan menjadi cikal bakal penerus bangsa di masa depan.

“Pemuda berperan sebagai pilar pondasi bangsa, penggerak pembangunan nasional , khususnya dalam memastikan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi yang cocok dan sesuai dengan kepribadian bangsa yang harus terus dipertahankan, Indonesia merupakan negara hukum yang berbentuk Pancasila dan sebagai alat perekat bangsa Indonesia,” ucap Pangemanan.

Lanjutnya, pemuda harus berada di barisan paling depan, menjadi gugusan utama masyarakat dan bangsa Indonesia yang senantiasa bergotong- royong dan bekerja sama memajukan masyarakat, membangun bangsa dengan etos dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Pangemanan juga mengatakan bahwa Pancasila sebagai sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi Keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” tandasnya.

Narasumber dalam kegiatan ini, Toar Palilingan SH MH dari Unsrat Manado, DR Valentino Lumowa dari Unika De La Salle Manado, serta peserta seminar dari perwakilan SMA/SMK sederajat dan mahasiswa Kota Bitung.(kys)

Add Comment