KesbangPol Mitra Gelar Koordinasi Forum Diskusi Politik

KesbangPol Mitra Gelar Koordinasi Forum Diskusi PolitikRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) mengelar Koordinasi Forum Diskusi Politik terkait sosialisasi peraturan perundang-undangan.

Kegiatan diskusi tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Mitra Drs Jocke Legi yang dalam sambutannya mengatakan, pendidikan politik merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan politik masyarakat. Sehingga mereka dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politik.

“Saat ini kita menganut paham kedaulatan rakyat atau demokrasi, maka proses pendidikan politik harus dilaksanakan secara merata terhadap seluruh lapisan masyarakat. Baik itu secara vertikal maupun horizontal,” ujar Wabup.

Wabup berharap, pengetahuan politik bukan lagi menjadi monopoli segelintir orang saja. Perbedaan pendapat dan kepentingan dapat menjelma menjadi kompetisi, ketegangan, persaingan dan konflik.

“Karena itu, saya merasa perlunya peran dan fungsi partisipasi masyarakat, serta sinergitasnya kepada pemerintah. Serta menjadi sebuah masukan dan spirit positif bagi majunya sebuah daerah, “pungkas Wabup.

Ditambahkannya, acara ini menjadi sangat penting bagi masyarakat maupun kader partai, karena dapat mencerdaskan serta menyadarkan masyarakat.

“Masyarakat menjadi elemen penting didalam sebuah pemerintahan di suatu daerah. Masyarakat dapat memahami dan mengerti untuk bersifat positif untuk kemajuan daerah yang kita cintai,”tutupnya.

Perlu diketahui, para peserta sendiri berasal dari seluruh Partai Politik yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara bersama para tokoh masyarakat.(ten)