Hari Jadi Minahasa ke 591, ROR – RD Siap Kembalikan Kejayaan Minahasa

Olly Dondokambey Dianugrahi Tonaas Wangko Um Banua
HUT MinahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Hari Jadi kabupaten Minahasa ke 591 tahun 2019, berlangsung sukses. Berbagai kegiatan di kemas oleh panitia pelaksana atas petunjuk dan arahan Bupati Ir Royke O Roring M.Si dan Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si MM. Diantaranya pembukaan Minahasa Expo 2019 bersamaan dengan pembukaan Jambore Pemuda Indonesia yang di gelar di Minahasa pada 1 November 2019.

Jambore Pemuda Indonesia ini dibuka langsung Menteri Pemuda dan Olah Raga Dr Zainudin Amali dan dimeriahkan dengan penampilan 4000-an Kabasaran siswa SD, SMP dan guru. Kemudian lomba mancing, lomba maengket, lomba bendi hias, lomba kuliner yang dikemas dalam Festival Danau Tondano, pemilihan Wulan Waraney 2019l, ziarah ke makam mantap Bupati dan Wakil Bupati Minahasa. Adapun tema kegiatan tahunan ini adalah ” SDM Unggul, Minahasa Maju ” diharapkan akan mengembalikan kesohoran nama Minahasa.

HUt minahasa Puncak Hari Jadi Minahasa ke 591 yakni 5 November 2019, Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan menggelar upacara bendera di Lapangan Dr. Sam Ratulangi God Bless Minahasa, Tondano dengan Inspektur Upacara Bupati, Ir. Royke Octavian Roring, MSi yang tampil kompak bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey, SSi dengan pakaian adat Minahasa. Di hadapan undangan dan peserta upacara Bupati mendorong dan memotivasi rakyatnya untuk mengembalikan nama Minahasa yang pernah tersohor hingga dikenal dunia internasional.

HUT-Minahasa-3 Bupati menguraikan, Minahasa merupakan daerah tertua di Sulut yang dibentuk atas kesepakatan pimpinan adat dan pakasaan sebelum akhirnya ditetapkan dengan Undang-undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah tingkat II di Sulawesi. “Hal ini berarti Minahasa selama ini menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat termasuk kearifan lokal yang masih dipertahankan secara turun temurun sampai saat ini yaitu berbagai budaya kita termasuk mapalus,” kata Bupati.

HUT-Minahasa-4 Momentum Hari Jadi Minahasa ini adalah saat tepat untuk menunjukkan jati diri kita yang dikenal masyarakat pekerja keras dan komitmen menjaga kerukunan.

Bupati yang merupakan salah satu lulusan terbaik Lemhanas Tahun 2007 ini menegaskan bahwa Minahasa memiliki potensi yang tidak kalah dengan daerah lain, maka haruslah orang Minahasa itu mengatakan kepada diri masing-masing bisa memberi yang terbaik sekalipun di tengah persaingan ketat dan perkembangan teknologi yang cepat. Beliau juga menegaskan bahwa Minahasa pernah melahirkan pahlawan nasional Dr. GSSJ Ratulangi, dengan semboyan Sitou Timou Tumou Tou yang merupakan contoh nyata bahwa orang Minahasa mampu dan bisa berbicara di level nasional dan internasional.

hut-minahasa-6Sementara itu, memasuki era industri 4.0 yang juga era digitalisasi warga Minahasa juga didorong untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas di berbagai sektor termasuk memagari kearifan lokal yang miliki lewat budaya yang diajarkan leluhur serta kemajemukan yang tetap terjaga dari waktu ke waktu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan visi Pemkab Minahasa yang dijabarkan dalam Nawa Cita RR-RD dan 22 program prioritas yang manfaatnya sangat dirasakan masyarakat Minahasa kemudian menyerahkan secara simbolis Tabungan Hari Tua dan Jaminan Pensiun kepada ASN yabg sudah mengakhiri masa tugasnya. Dan acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Minahasa di Wale Ne Tou Minahasa yang di hadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE – Drs Steven O Kandouw. Rapat Paripurna di pimpin ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE didampingi Wakil Ketua Oktesi Runtu dan Denny Kalangi. Pada kesempatan itu Olly mengucapkan selamat Hari Jadi Minahasa ke 591. “‘Di tangabmn ROR – RD Minahasa terus berpacu dalam membangun Minahasa hingga kian tampak Minahasa makin maju dan unggul , ” ujar Olly yang di nobatkan sebagai Tonaas Wangko Um Banua oleh ketua majelis kebudayaan Minahasa Ir Royke O Roring M.Si di hadapan 9 Tonaas Wangko Um Banua.

HuT-Minahasa-5 Sementara itu Bupati Minahasa dalam sambutannya mengatakan, momentum Hari Ulang Tahun ke-591 Minahasa pada 5 November 2019, yang peringatannya juga dilakukan dalam rapat paripurna DPRD, akan makin memotivasi seluruh komponen bangsa di daerah ini bersinergi untuk mempercepat pembagunan menuju Minahasa semakin hebat semakin maju ke depan.

“Selamat ulang tahun Minahasa tercinta. Selamat kepada bapak Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang telah dikukuhkan sebagai Tonaas Wangko um Banua. Tuhan memberkati kita semua , ” ujar Bupati.

HUT-Minahasa-8Dimalam harinya Bupati Minahasa menutup seluruh rangkaian JPI 2019 dan Hari Jadi Minahasa 2019 di kompleks Stadion Maesa Tondano. Berbagai atraksi budaya di pentaskan peserta JPI serta suguhan artis ibukota dan turut di serahkan hadiah pemenang lomba JPI maupun Hari Jadi Minahasa. Bupati berharap para peserta JPI untuk terus berinovasi dan berkarya untuk bangsa dan negara. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi terlaksananya seluruh agenda Hari Jadi Minahasa 2019 , ” tutup Roring sambil menutup seluruh rangkaian JPI dan Hari jadi Minahasa. (rom)

Add Comment