Bitung Gelar Pesta Anak 2019

Bitung Gelar Pesta Anak 2019
Bitung Gelar Pesta Anak 2019

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan Hari Anak Internasional, dilaksanakan Pesta Anak Kota Bitung 2019, di Lapangan Kantor Walikota Bitung, Jumat (1/11/2019).

Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi membuka kegiatan menyampaikan rasa syukur atas semangat dari anak-anak se-Kota Bitung, dalam kegiatan Pesta Anak 2019.

“Kegiatan ini diadakan untuk memunculkan kepedulian semua pihak dalam mewujudkan lingkungan yang berkualitas bagi anak, serta pentingya pola pengasuhan yang berkualitas, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga boleh menjadi generasi penerus yang berkualitas tinggi,” kata Lomban.

Lanjutnya, seluruh anak Indonesia harus memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan salah satu program pemerintah, sebagai bentuk kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia.

“Hal ini juga menjadi perhatian bagi Pemkot Bitung sehingga melalui Dinas Pendidikan bersama Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Bitung telah mengeluarkan KIA sebagai identitas diri dari anak-anak yang ada di Kota Bitung, dengan melengkapi surat-surat sebagai persyaratan yaitu Fotocopy Kartu Keluarga, Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Orang Tua, Surat Pengantar dari Kepala Sekolah,” tuturnya.

Lomban juga mengatakan bahwa dari sekitar 30.000 jumlah anak yang sudah memasukan dokumen persyaratan, sudah dikeluarkan sebanyak 12.000 KIA dan telah dibagikan kepada anak-anak yang ada di Kota Bitung, sisanya akan diproses hingga Maret 2020.

“Selain KIA, Pemkot Bitung juga sedang mempersiapkan fasilitas tempat bermain ramah anak yang tersebar di sekolah-sekolah, bahkan di kantor-kantor pelayanan masyarakat diwajibkan untuk membuat tempat bermain yang ramah anak, serta pelaksanaan sekolah ramah anak,” tandasnya.

Lomban berharap, momentum ini dapat meningkatkan kepedulian semua pihak sebagai orang tua maupun masyarakat untuk mengajarkan segala kebaikan kepada anak-anak, pemenuhan hak anak seperti hak tumbuh kembang yang baik melalui menu makanan yang baik dan berkualitas, beragam, bergizi seimbang dan aman agar, anak-anak dapat bertumbuh dengan baik dan terhindar dari stunting juga pola pengasuhan anak seperti perhatian terhadap penggunaan gawai/gadget yang membuat anak-anak terganggu atau tidak fokus.

“Diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi dan memastikan sejak awal hal-hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya, sehingga akan berdampak positif bagi sang anak dalam beraktifitas, berkreasi, serta mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan usia dan kemampuannya,” tutupnya.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kota Bitung selaku Bunda PAUD Kota Bitung Dra Khouni Lomban-Rawung, Sekretaris Kota Bitung DR Audy Pangemanan, Ketua Dharma Wanita Persatuan dr Rini Tinangon, jajaran Pemkot Bitung, Kepala TK, SD, SMP dan uru-guru, seluruh siswa dan undangan.(kys)