Pemdes Kumelembuai Atas Support Kelompok Tani Berdayakan Green House

Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu, SSTP dan Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lilly Lapian, SPd
Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu, SSTP dan Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lilly Lapian, SPd

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Desa Kumelembuai Atas pada tahun 2020 mendatang menyatakan akan mendorong kelompok Tani memanfaatkan Green House, untuk ditanami tanaman yang hasilnya dapat membantu masyarakat meningkatkan pendapatan.

Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lily Lapian SPd, mengatakan akan diberdayakannya Green House oleh Kelompok Tani, mengingat sarana tersebut dinilai berpotensi membantu masyarakat untuk meningkatkan perekomomian.

“Dan sebagaimana hasil musyawarah pada pelaksanaan Musrembang RKPDes Tahun 2020, maka ditetapkan akan dialokasikan melalui Dana Desa Tahun Anggaran 2020 berupa bantuan bibit Rica dan pupuk bagi kelompok Tani. Dan
Green House yang selama ini belum dimanfaatkan nantinya akan diberdayakan oleh kelompok Tani, sehingga bantuan pemerintah tersebut tidak percuma dan mubasir,” ujar Hukum Tua Desa Kumelembuai Lily Lapian SPd.

Alokasi bantuan bibit Rica dan pupuk bagi Kelompok Tani melalui Dana Desa Tahun 2020 menurut Lapian, merupakan bentuk perhatian pemerintah dan salah satu solusi untuk membantu masyarakat meningkatkan pendapatan, sehingga Petani tidak lagi bergantung pada hasil Kelapa dan Cengkih.

“Apalagi harga komoditas unggulan Kopra dan Cengkih lagi Anjlok, jadi budidaya Rica sangat tepat untuk membantu Petani meningkatkan pendapatan, Dan saya yakin jika program ini ditekuni pasti akan memberikan hasil positif,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP, memberikan apresiasi atas upaya dan rencana Pemerintah Desa Kumelembuai Atas memberdayakan Green House dikelolah Kelompok Tani dalam rangka menambah tingkat pendapatan keluarga.

“Ini langkah positif. Disaat bantuan pemerintah di beberapa tempat tampak tidak terurus dan terkesan dibiarkan, sebaliknya Desa Kumelembuai Atas justru memberikan perhatian dan berencana akan memanfaatkan bantuan pemerintah ini sehingga tidak mubazir. Selaku pemerintah Kecamatan tentu mendukung program ini dan berharap ini akan direalisasikan dan berhasil serta nantinya akan dilaksanakan secara berkelanjutan,” tukas salah satu birokrat muda terbaik dan berprestasi yang dimiliki Kabupaten Minsel ini. (lou)

Add Comment