Selain SMK Ichthus Manado, Pemprov Sulut (sudah) Tutup Tujuh Sekolah Tak Jelas

Gubernur Sulut Olly Dondokambey.
Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey membenarkan pencabutan izin operasional SMK Ichthus yang berada di Jl. Pahlawan No.1 Kelurahan Mapanget Barat, Kecamatan Mapanget, Kota Manado.

Penutupan sekolah tersebut, berdasarkan hasil investigasi Dinas Pendidikan Nasional bersama Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut. Dimana banyak data dikumpulkan terkait “kasus” di sekolah itu, termasuk kasus pembunuhan guru yang dilakukan oleh siswanya.

“Saya sudah rapat evaluasi ternyata itu (SMK Ichtus) memang sekolah bermasalah,” ujar Olly kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulut, Rabu (30/10/2019).

Dalam penjelasan tersebut, Olly kemudian mengatakan jika sebelumnya sudah tujuh sekolah tidak memenuhi syarat ditutup ditutup Pemprov Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah Sulut.

“Masalahnya contoh gurunya hanya suka-suka datang, kepala sekolahnya tidak jelas, sekolahnya tidak terdaftar resmi dan lain-lain. Jadi ini (SMK Ichtus) yang kedelapan kita tutup. Itu (penutupan,red) tidak diekspose, karena kita juga tidak mau dibilang pencitraan,” terangnya, tanpa merinci tujuh sekolah yang sudah ditutup.

Untuk SMK Ichtus disampaikan Olly, dirinya sempat marah kepada Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut dr. Grace Punuh.

“Ya….. Saya marah ke Kadis. Kenapa begitu? Tapi jawab Kadis karena masih di cek satu persatu, dan belum sampai di sekolah itu,” ungkapnya.

Sementara para siswa yang berasal dari sekolah-sekolah yang ditutup, Olly mengatakan akan didistribusikan ke sekolah-sekolah lainnya disekitar wilayah para siswa tinggal.

“Didistribusikan ke sekolah-sekolah lewat tes. Siswanya di tes disekolah yang dekat dengan wilayah mereka,” pungkasnya. (ton)