Desa Kumelembuai Atas Laksanakan Musrembang RKPDes 2020

Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu saat memberikan arahan pada peserta Musrembang RKPDes Desa Kumelembuai Atas Tahun 2020.
Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu saat memberikan arahan pada peserta Musrembang RKPDes Desa Kumelembuai Atas Tahun 2020

KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Desa Kumelembuai Atas, Kecamatan Kumelembuai melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2020, Rabu (30/10/2019).

Musyawarah di pimpin Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lily Lapian SPd, dihadiri langsung oleh Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP.

Dalam Sambutannya, Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu mengatakan bahwa Musrembang RKPDes 2020 ini dilaksanakan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Karena itu diharapkan Musrembangdes RKPDes outputnya akan menghasilkan program pembangunan prioritas yang merupakan kewenangan lokal desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Hukum Tua Desa Kumelembuai Atas Lily Lapian SPd, saat membuka pelaksanaan Musrembang RKPDes Tahun 2020, mengatakan bahwa Musrembang RKPDes merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan guna menyusun program kerja prioritas yang dibiayai oleh anggaran bersumber dari Dana Desa, Pendapatan Asli Desa (PA Desa), Alokasi Dana Desa (ADD), swadaya desa/masyarakat, dan sumber lain seperti APBD Kabupaten, Propinsi dan APBN.

“Musrembang RKPDes Tahun 2020 ini dilaksanakan mengedepankan asas demokrasi, sehingga program yang diputuskan didasarkan pada keputusan bersama atau musyawarah,” ujar Lapian.

Sementara itu berdasarkan hasil Musrembang RKPDes ditetapkan berbagai program kerja pemerintah desa di Tahun 202O yang dibagi dalam tiga sektor yakni Pembangunan meliputi pembuatan Trotoar dan jembatan. Pembinaan Kemasyarakatan: Pelatihan IT bagi Karang Taruna, Pengelolaan Posyandu, Pembinaan Kesenian dan Budaya. Pemberdayaan masyarakat terdiri dari Pelatihan Ekomomi Kreatif, Pelatihan Catering, Pelatihan UKM, Bimtek perangkat Desa, pelatihan budi daya tanaman serta pelatihan tukang, BumDes.

Diketahui selain melaksanakan agenda Musrembang RKPDes Tahun 2020, juga dilaksanakan pelantikan Anggota BPD Pengganti Antar Waktu (PAW) yakni Martinus OSK Langkai SPd, menggantikan Ryan Langkai yang telah pindah domisili dari Desa Kumelembuai Atas. Anggota BPD PAW ini sendiri dilantik oleh Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu mewakili Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu.

Hadir dalam Musrembang RKPDes Tahun 2020 tersebut BPD, LPM, Jajran Pemerintah Kecamatan Kumelembuai, Perangkat desa Kumelembuai Atas, tokoh Agama dan tokoh Masyarakat. (lou)

Add Comment