GSVL-Mor Serap Aspirasi Para Pedagang Pasar Bersehati

GSVL-Mor Serap Aspirasi Para Pedagang Pasar Bersehati

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Manado menggelar kegiatan Pembinaan Pedagang Pasar Rakyat bertempat di Pasar Bersehati Manado, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota G.S Vicky Lumentut bersama Wakil Wali Kota Mor Bastiaan. Kedua pemimpin Kota Manado tersebut berinteraksi dengan para pedagang pasar, mendengar langsung keluh kesah dan masukan mereka.

Wali kota dalam arahannya mengajak para pedagang di Pasar Bersehati agar menjaga ketertiban dan kenyamanan, serta mengikuti semua aturan yang dibuat oleh pengelola pasar dalam hal PD Pasar.

“Kita buat pasar ini lebih baik, lebih aman dan harus nyaman, karena itu akan menarik pembeli untuk datang ke sini sehingga pendapatan para pedagang bisa naik” ujar wali kota.

Lanjutnya mengatakan, saat ini Pemkot Manado telah selesai membangun Pasar Restorasi Malalayang dan saat ini sedang dalam tahap melengkapi fasilitas pendukungnya.

“Selanjutnya nanti kita juga akan pindahkan Pasar Tuminting ke Buha yang lokasinya nanti di depan TPA Sumompo. Kedua pasar ini nantinya akan dijadikan pasar induk. Semua ini kami lakukan untuk menaikan level pasar tradisional dan meningkatkan kesejahteraan pedagang,”tukas Lumentut.

Hal yang sama dikatakan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan. Menurut dia, keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu modal penting untuk mengembangkan pasar tradisional. Bahkan di beberapa daerah pasar tradisional dijadikan objek wisata.

“Untuk itu kenyamanan, keamanan dan kebersihan pasar harus kita ciptakan agar turis juga mau datang ke pasar. Jika pasar dijadikan objek wisata tentu penghasilan para pedagang akan bertambah,”ungkap Wawali Mor.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Manado, Lukman Bachmid, Dandim 1309/Manado, Kolonel Arh Christian N.F Tanjong, Dirut PD Pasar Manado, Stenly Suwu, Banwas PD Pasar, Max Bawotong, Dirops Oke Kaligis, Kadis Disperindag, Hendrik Waroka, Kabag Humas Sonny Takumansang dan Camat Wenang Donald Sambuaga.(ryan)