Irup Hari Sumpah Pemuda, Wabup Legi: Persatuan Dapat Mewujudkan Cita-Cita Bangsa

Irup Hari Sumpah Pemuda, Wabup LegiRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 bertempat di halaman Kantor Bupati Mitra, Senin (28/10/2019).

Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitral) Drs Jocke Legi, mewakili Bupati bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 ini mengambil tema yaitu “Bersatu Kita Maju”. Tema kali ini diambil sebagai bentuk penegasan kembali tentang komitmen yang telah dibangun dari pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda.

Wabup Drs Jocke Legi saat membacakan pesan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menegaskan hanya persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Disisi lain Wabup Drs Jocke Legi mengatakan, perkembangan saat ini mempunyai dampak yang negatif, informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya jika para pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,”pungk­as Wabup.

Tema ‘Bersatu Kita Maju’ sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi kaharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa Iebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Saya berharap kedepan, akan banyak muncul toko-toko muda yang berdunia. Kita harus bertahan dalam modernisasi dan globalisasi tetapi kita harus mampu memberikan warna dalam merubah dunia. Dengan tekat dan semangat, dan mendunia dan didukung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi,”tutup Wabup. (ten)