Walikota Bitung Tutup Pelatihan Satgas Perlindungan, Pengawasan Tumbuhan dan Satwa Liar

Walikota Bitung Tutup Pelatihan Satgas Perlindungan, Pengawasan Tumbuhan dan Satwa LiarBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MSi, selaku Kepala Sekolah Lingkungan dan penggiat lingkungan hidup, menutup pelatihan Satgas Perlindungan, Pengawasan Tumbuhan dan Satwa Liar Kota Bitung, di Hotel Swiss Bell Maleosan Manado, Kamis (24/10/2019).

Dalam sambutannya Lomban menyampaikan bahwa pembekalan dari pelatihan ini, yakni agar Satgas mengetahui apa yang menjadi tugas dan tindak lanjut didalam melindungi tumbuhan dan satwa yang harus dilindungi.

“Satgas bertugas mengumpulkan kekuatan dari semua tupoksi dalam rangka penegakkan hukum dibidang penegakkan hukum, yang didahului dengan sosialisasi, edukasi, kemudian tindakan,” ucap Lomban.
Lanjutnya, Ini merupakan peringatan bagi kita semua bahwa perdagangan ilegal pertumbuhan dan satwa liar yang dilindungi sekarang ini dibawah sedikit dari peredaran narkoba yang merupakan kejahatan yang luar biasa.

“Harapan saya, hal baik ini harus dilakukan oleh daerah lain di Indonesia agar supaya satwa liar yang dilindungi tidak ada lagi yang dikorbankan dan dijual belikan,” kata Lomban.

Sementara itu, Ketua Satgas Perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar Kota Bitung DR Audy Pangemanan AP MSi menyampaikan, Kota Bitung merupakan kota yang pertama yang melakukan kegiatan ini.

“Untuk itu mohon dukungan kita semua untuk bekerjasama dalam mengawal penanganan tindak pidana satwa liar yang dilindungi,” harap Pangemanan.

Saat ini kata Pangemanan, Satgas telah menyusun beberapa program yang akan dilakukan antara lain sosialisasi mengenai jenis – jenis satwa yang dilindungi, memberikan imbawan kepada masyarakat dan melakukan tindakan nyata langsung.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pemberian sertifikat kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan.(kys)