Tomohon Waspadai Konflik Sosial

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, narasumber serta peserta Rapat Koordinasi
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, narasumber serta peserta Rapat Koordinasi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dengan tokoh-tokoh masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Anugerah Hill Paslaten Tomohon Timur, dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA.

”Kita memang harus mewaspadai gerakan-gerakan yang bisa menimbulkan konflik sosial. Harus dideteksi lebih awal. Antaranya melalui rapat koordinasi seperti ini,” kata wali kota.

Menurutnya, Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial tingkat daerah Kota Tomohon mempunyai tugas menyusun rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial tingkat Kota Tomohon, mengkoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan dan mengawasi penanganan konflik dalam skala Kota Tomohon.

Juga memberikan informasi kepada publik tentang terjadinya konflik dan upaya penanganannya serta melakukan upaya pencegahan melalui sistem peringatan dini.

Untuk itu, Pemkot Tomohon membentuk forum-forum koordinasi yang melibatkan instansi vertikal dan SKPD terkait, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat serta Ormas atau LSM untuk menyikapi berbagai gangguan keamanan di Kota Tomohon secara dini dan mengantisipasi berbagai ancaman yang potensial dan nyata di daerah.

Narasumber, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Wakapolres Tomohon Kompol. Deesy Bolang SPd, Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Tomohon Dian Subdiana SH, Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara Drs Robby Tombokan. (ark)