Bupati Sumendap Harap Revisi RTRW Dapat Gambarkan Masa Depan Mitra

Bupati Sumendap Berharap Revisi RTRW Dapat Menggambarkan Masa Depan Daerah MitraRATAHAN, (manadotoday­.co.id) РBupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH mengharapkan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Mitra memperhatikan betul asas manfaat. Hal ini penting karena RTRW membahas arah pembangunan dan masa depan Kabupaten Mitra.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambutannya ketika menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Materi Teknis dalam rangka revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang RTRW Kabupaten Mitra 2013-2033, Senin (21/10/2019).

“RTRW harus memperhatikan aspek sosiologis, aspek ekonomis, kondisi wilayah, dan tentu aspek manfaat serta multyplier effect. Buat apa dibuat dengan bagus tetapi kemudian tidak memperhatikan asas manfaat. Mana yang kira-kira benar-benar dibutuhkan masyarakat soal pemetaan dan pengembangan wilayah,” ungkapnya.

Bupati menyampaikan RTRW harus menggambarkan masa depan sebuah daerah.

“Jangan bicara soal tahun depan, atau dua tahun depan, tetapi bagaimana daerah ini 15 tahun atau 20 tahun depan. Makanya perhatikan betul soal ini. Ada banyak pengembangan yang akhirnya tidak maksimal karena saat penyusunan RTRW hanya dilakukan asal comot tanpa memperhatikan hal-hal penting itu,” sebutnya.

Bupati kemudian meminta semua perangkat daerah untuk memperkaya RTRW dalam rangka revisi ini.

“Saya minta semua perangkat daerah melakukan kajian kira-kira apa yang ada di instansi masing-masing yang bisa masuk untuk RTRW. Nanti kemudian akan dirumuskan untuk menjadi revisi RTRW. Jangan anggap enteng soal ini. Saya akan pantau sejauh mana perangkat daerah menindaklanjuti ini,” tegasnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Drs Jesaja JO Legi, Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy MSi ME, beberapa kepala perangkat daerah dan perwakilannya.(ten)

Add Comment